Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Ada Koalisi Tandingan Setgab

Kompas.com - 19/05/2010, 08:42 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat sosial politik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Arie Sujito, memprediksi akan muncul koalisi tandingan guna mengimbangi sekretariat bersama yang dipimpin Aburizal Bakrie.

"Posisi Aburizal Bakrie sebagai ketua sekretariat bersama ini tidak dimungkiri meninggalkan luka di partai-partai politik yang sebelumnya bersama dengan Partai Golkar dalam membongkar kasus Bank Century," katanya di Yogyakarta, Rabu (19/5/2010).

Menurut Arie, partai-partai tersebut, seperti PDI-P, Hanura, dan Gerindra, tentunya tidak begitu suka dengan manuver Aburizal Bakrie (Ical) tersebut karena dinilai mengingkari apa yang diperjuangkan dalam pengungkapan kasus Bank Century.

"Jika proses politik ini berlangsung terus, kemungkinan akan muncul koalisi baru untuk mengimbangi manuver Partai Golkar, khususnya Aburizal Bakrie. Namun, semua sangat bergantung pada manuver-manuver baru yang bakal muncul," katanya.

Selain itu, kata Arie, jika PDI-P yang berada di luar sekretariat bersama serta PAN, PKB, dan PKS yang berada dalam koalisi merasa sama-sama dikerjai Partai Golkar, mereka akan berbalik menyerang Partai Golkar.

"Jika manuver baru muncul bisa mengubah keadaan koalisi dan sekretariat bersama hanya merupakan model 'politik darurat' yang tidak punya makna, kecuali alat untuk kendali politik Partai Golkar," katanya.

Kandidat doktor ini mengatakan, sekretariat bersama merupakan upaya Ical untuk memperoleh akses dan kendali karena posisi dia terancam saat kasus pajak diserang.

"Momentum itu tepat saat Sri Mulyani mengundurkan diri dari jabatan Menteri Keuangan, di sini Ical menelikung koalisi sekaligus memukul posisi PDI-P," kata Arie.

Dia mengatakan, jika pada mulanya PDI-P, Gerindra, dan Hanura merasa berteman dengan Partai Golkar, ternyata kemudian Ical mengambil manuver di sekretariat bersama itu.

"Ical berhasil memanfaatkan kedekatannya dengan Susilo Bambang Yudhoyono untuk memperoleh posisi sebagai ketua sekretariat bersama meskipun sebenarnya banyak politisi Partai Demokrat yang masih dendam dengan Partai Golkar dalam kasus Bank Century," kata Arie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com