Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mustafa: BUMN Siap Kelola Inalum

Kompas.com - 03/05/2010, 21:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Negara BUMN mengharapkan dua perusahaan negara, PT Krakatau Steel dan PT Aneka Tambang Tbk, bisa menjadi pengelola PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) setelah kontrak Jepang sebagai pemilik saham mayoritas berakhir 2013.

"Saya sebagai Menteri BUMN, menghendaki kalau bisa BUMN yang mengelolanya," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di Kantor Kementerian BUMN di Jakarta, Senin (3/5/2010).

Usai menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri, Mustafa menuturkan, pembahasan pengelolaan Inalum pasca 2013 sedang berlangsung antara Kantor Kementerian Perekonomian yang menugaskan Kementerian Perindustrian untuk membicarakan langsung dengan pihak Jepang.

"Secara prinsip, saya mendukung nasionalisasi perusahaan tersebut, sehingga kita bisa mengelola dengan semangat dan manajemen baru," kata Mustafa.

Jepang sekarang menguasai 58,9 persen saham Inalum melalui Nippon Asahan Alumminium (NAA). Sementara, pemerintah Indonesia hanya memiliki 41,1 persen. Saham NAA dikuasai 50 persen oleh Japan Bank for International Cooperation (JBIC) dan 50 persen milik swasta Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com