Antisipasi Api Menyala Lagi, Damkar Siaga di Pabrik Swallow

Kompas.com - 21/03/2010, 11:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pabrik Sandal Swallow yang sempat kembali terbakar, Sabtu (20/3/2010), masih belum bisa betul-betul dipastikan aman dari kemungkinan nyala api. Hingga Minggu siang ini, dua mobil pemadam dan belasan petugas pemadam dari sektor Cengkareng dan Kalideres masih bersiaga di lokasi, Jalan Kamal Raya No 34, Jakarta Barat.

"Kami antisipasi kalau-kalau api nyala lagi saat puing-puing dibersihkan," kata Agus, salah satu petugas pemadam kebakaran dari sektor Cengkareng, saat ditemui Kompas.com di lokasi.

Pantauan Kompas.com, saat ini petugas tengah berusaha membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan yang ambruk akibat hangus terbakar. Dua kendaraan alat berat yang disewa pihak pabrik digunakan untuk mengangkat puing bangunan yang ambruk menutupi berbagai peralatan dan bahan baku kimia pembuat sandal.

Agus mengatakan, bahan baku kimia sandal diduga masih banyak berada di bawah puing-puing bangunan tiga lantai itu. Diduga kuat, bahan-bahan kimia tersebutlah yang berpotensi membuat api bisa kembali tersulut dan menyala. "Di bawah puing-puing itu hawanya masih panas. Kemungkinan masih banyak bahan kimia di bawahnya," ujar Agus.

Seperti diketahui, pabrik Swallow yang dibangun di atas lahan seluas lima hektar itu terdiri dari tiga lantai dengan konstruksi baja. Kebakaran hebat pada Kamis (11/3/2010) telah merobohkan bangunan kokoh tersebut.



Editormbonk

Close Ads X