Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eep: Presiden SBY Tidak Kuat

Kompas.com - 28/01/2010, 20:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat politik Eep Saefulloh Fatah mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bukanlah orang yang kuat. Hal tersebut disampaikannya dalam acara peluncuran buku In Our Time: Pidato-pidato yang Membentuk Dunia Modern di Jakarta, Kamis (28/1/2010).

"Saya mengatakan ini sebagai warga negara, dan saya bisa keliru tentu saja. Pak SBY tidak kuat. Bukan orang yang kuat," kata Eep.

Menurut Eep, kalau Presiden SBY orang kuat, tentu dia akan bertanggung jawab dan mengambil alih kasus Bank Century. "Seluruh tanggung jawab akan saya ambil alih dan bagi siapa saja yang tidak bersepakat, mari kita selesaikan lewat proses hukum, politik, birokrasi, dan publik yang demokratis," ucap dosen Universitas Indonesia itu menirukan gaya Presiden SBY.

Eep berharap, kata-kata itulah yang diucapkan Presiden. Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa untuk seorang Presiden yang menang dengan 60,8 persen suara ketika pemilu, SBY seharusnya tampil lebih kuat.

Terkait dengan kasus Bank Century yang dapat dilihat dari komposisi anggota Pansus Century saja, Eep berpendapat bahwa ujungnya sudah dapat ditebak. Anggota Pansus Century yang memihak pemerintah lebih banyak daripada yang menentang. "Kalau saya masuk, saya memilih mundur. Sulit diharapkan. Jangan terlalu diambil hati sampai Anda menderita karena proses pansus itu," pungkasnya disambut tawa tamu yang datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com