Hatta: Anggaran Crown Disiapkan Pemerintahan Lama

Kompas.com - 29/12/2009, 16:03 WIB
EditorEdj

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II dan pejabat negara mulai menggunakan mobil dinas baru jenis Toyota Crown Royal Saloon seharga Rp 1,3 miliar, sejak beberapa hari lalu. Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa, anggaran untuk pembelian mobil ini telah disusun oleh pemerintahan sebelumnya.

"Soal itu sebetulnya merupakan bagian dari pemerintahan kabinet yang lama. Saya tidak tahu (anggarannya), tanya di Setneg. Itu pemerintahan sebelumnya," ujar Hatta, di kantor Kementrian Koordinator Perekonomian, di Jakarta, Selasa ( 29/12/2009 ).

Dia menjelaskan,pengadaan mobil baru tersebut sama seperti kewajiban menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Di mana, pemerintahan kabinet sebelumnya menyusun APBN 2010 untuk digunakan oleh pemerintahan kabinet yang baru. "Jangan dianggap pemerintah yang baru sekarang ini menyiapkan mobil barunya untuk sendiri. Saya sendiri saja enggak tahu saya bakal jadi Menteri. Kita tidak tahu siapa yang mau memakai, pokoknya kewajiban menyiapkan," kilahnya.

Namun, saat ditanya soal nominal anggaran yang disiapkan untuk pengadaan mobil baru tersebut, Hatta mengaku tidak tahu menahu. Padahal, dalam pemerintahan kabinet sebelumnya, Hatta menjabat sebagai Menteri Setneg. "Setneg tidak punya anggaran," cetusnya.




Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X