Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teror Antasari, Nasrudin "Diperiksa" Teman Kecilnya

Kompas.com - 10/11/2009, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Seperti yang pernah diberitakan, mantan Ketua KPK Antasari Azhar pernah mengadukan ancaman teror kepada pihak kepolisian. Ancaman itu, menurut pengakuan Antasari, datang dari Nasrudin Zulkarnaen, Direktur Putra Rajawali Banjaran.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Polri pun membentuk tim untuk menyelidiki laporan Antasari. Uniknya, salah satu petugas yang masuk dalam tim penyelidik itu adalah Kompol Helmi Santika, yang tak lain adalah teman masa kecil Nasrudin. Pengakuan ini diungkapkan Helmi saat hadir dalam persidangan kasus pembunuhan Nasrudin di PN Jakarta Selatan, Selasa (10/11).

"Dengan Nasrudin sudah kenal sejak kecil, sekitar 1983. (Nasrudin) sering main ke rumah kami di Palu, Sulawesi Tengah," kata Helmi yang kini anggota Direskrimum Polda Metro Jaya.

Sebelum mendapat tugas dalam tim ini, Helmi mengaku sempat kehilangan kontak dengan Nasrudin karena ia dan keluargannya pindah ke Jakarta. "Tahun 2004-2005 kami ada kontak. (Nasrudin) bercerita bagaimana keadaannya sekarang," ujar Helmi singkat.

Barulah, pada awal tahun 2009 ia diminta bergabung dalam tim yang dipimpin oleh Kombes Pol Chairul Anwar tersebut. Alasannya saat itu, ia dianggap sudah mengenal Nasrudin. Anggota tim lain adalah Kompol Iwan Kurniawan, AKP Muhammad Jhoni, dan AKP Finora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com