Cegah Kanker Serviks dengan "Vagina Toilet"

Kompas.com - 01/10/2009, 20:38 WIB
Editor

KOMPAS.com – Mencegah kanker serviks tak hanya dilakukan dengan vaksinasi dan pap smear. Anda dapat melakukan dengan metode pembersihan organ intim wanita, vagina toilet.

Vaksinasi kerapkali terkendala biaya yang mahal. Sementara pap smear rutin pun kerapkali tidak mudah dilakukan. Anda harus menyesuaikan jadual si dokter dengan jadual Anda sendiri dan tentu saja pergi ke rumah sakit atau klinik bisa jadi makan waktu tersendiri.

Sementara, vagina toilet bisa Anda lakukan sendiri tanpa terkendala apa pun. Andalah yang menentukan waktu dan tempatnya. Termasuk frekuensinya.

Vagina toilet adalah cara mencuci vagina secara mandiri atau dikerjakan sendiri. Karena itu metode ini juga diberi istilah "Valeri Ananto" atau vagina toilet sendiri. Ananto diimbuhkan pada istilah karena Dr. Ananto Sudohutomo lah sang penemu metode ini.

Saat ini, Valeri Ananto diyakini sebagai salah satu andalan utama dalam membantu upaya pencegahan kanker serviks pada wanita dan selanjutnya diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian wanita akibat kanker serviks.

Bagaimana vagina toilet bisa mencegah kanker serviks? Sangat sederhana. Inti kegiatan ini adalah membersihkan vagina hingga ke liangnya serta serviks dan sekitarnya. Vagina yang bersih tentu akan meningkatkan kesehatan reproduksi sehingga akan mencegah risiko infeksi yang bisa menimbulkan kanker serviks.

Walaupun seorang wanita dalam kesehariannya telah mampu melakukan vagina toilet sendiri, sebaiknya setahun sekali tetap melakukan vagina toilet ke dokter terlatih untuk memastikan kebersihannya sekaligus melakukan pemeriksaan pap-smear.
 
Dengan vagina toilet, selain bersih dari kotoran dan penyakit, kepekaan organ intim akan meningkat, suami pun akan senang.

oleh Dr. Intan Airlina Febiliawanti



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X