Di Kosovo, Mobil Misi Uni Eropa Diserang

Kompas.com - 17/09/2009, 01:52 WIB
Editor

PRISTINA, KOMPAS.com - Sejumlah penyerang yang tidak dikenal melemparkan bom api ke arah dua mobil misi Uni Eropa (EU), Rabu (16/9), beberapa hari setelah misi itu menandatangani sebuah protokol mengenai kerja sama penegakan hukum dan keamanan dengan Serbia.
      
Serangan yang terjadi di daerah Gnjilane, Kosovo timur, itu mengakibatkan salah satu mobil itu terbakar dan satu lagi rusak, kata Ismet Hashani, seorang juru bicara kepolisian Kosovo. Tidak ada yang cedera dalam serangan itu, yang ditujukan pada mobil-mobil Misi Kepolisian dan Penegakan Hukum Uni Eropa (EULEX). "Di dalam mobil yang rusak kami menemukan sebotol bensin yang gagal terbakar," kata Hashani.
      
EULEX, yang ditempatkan di Kosovo setelah wilayah itu mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia, mengecam serangan tersebut dan menyebutnya sebagai insiden tertentu.
      
Sebelumnya pekan ini, EULEX yang bertugas membantu pemerintah Kosovo memperbaiki aturan hukum menandatangani sebuah perjanjian dengan polisi Serbia mengenai pertukaran informasi bagi pemberantasan penyelundupan dan kejahatan lintas batas.
      
Serbia menolak bekerja sama secara langsung dengan pemerintah Pristina karena mereka menganggap Kosovo sebagai bagian dari wilayah negara itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.