Kriminolog: Pelaku Terungkap Setelah Jenis Bom Diketahui

Kompas.com - 17/07/2009, 18:17 WIB
Editor

DEPOK, KOMPAS.com — Pakar kriminologi Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala mengatakan, pelaku peledakan bom di Hotel Ritz-Carlton dan Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, baru bisa terungkap setelah diketahui jenis bom yang digunakan.

"Dari jenis bom yang digunakan dapat diketahui pelakunya," kata Adrianus, Jumat (17/7).
 
Adrianus menilai dari dampak ledakan yang terjadi terlihat bahwa ledakan tersebut memang disengaja dan dikendalikan dengan menggunakan pengatur waktu (timer).

"Teknik perakitan yang khusus, cara membuat simpul-simpul, dan cara mensolder rakitan bom, dapat diketahui pelakunya," katanya.

Ia mengatakan, pelaku yang sudah dipantau oleh Polri adalah kelompok Jemaah Islamiyah (JI), kalau memang kelompok tersebut maka akan lebih mudah mengungkap motif dari ledakan tersebut.

"Kelompok tersebut sudah dalam pantauan Polri jadi lebih mudah untuk diungkap motifnya," jelasnya.

Dikatakannya, jika memang JI lama yang beraksi, pengungkapannya akan lebih mudah, dan tidak perlu ditakuti karena JI sudah tidak mempunyai kemampuan yang besar, dan hanya kecil-kecilan.

Lebih lanjut Adrianus mengatakan, kelompok JI kemungkinan saat ini terpecah menjadi dua kelompok yaitu kelompok lama dan baru. "Kalau kelompok JI yang lama mudah diungkap, tetapi kalau JI baru akan semakin sulit dipantau karena belum pernah terdeteksi oleh Polri," katanya.

Jika memang pelaku peledakan bom berasal kelompok JI yang baru, hal itu merupakan hal yang buruk karena akan lebih sulit mengungkapnya. Di samping itu diperlukan pengetahuan-pengetahuan khsusus untuk mengungkap kasus peledakan bom tersebut, katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.