Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kriminolog: Pelaku Terungkap Setelah Jenis Bom Diketahui

Kompas.com - 17/07/2009, 18:17 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Pakar kriminologi Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala mengatakan, pelaku peledakan bom di Hotel Ritz-Carlton dan Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, baru bisa terungkap setelah diketahui jenis bom yang digunakan.

"Dari jenis bom yang digunakan dapat diketahui pelakunya," kata Adrianus, Jumat (17/7).
 
Adrianus menilai dari dampak ledakan yang terjadi terlihat bahwa ledakan tersebut memang disengaja dan dikendalikan dengan menggunakan pengatur waktu (timer).

"Teknik perakitan yang khusus, cara membuat simpul-simpul, dan cara mensolder rakitan bom, dapat diketahui pelakunya," katanya.

Ia mengatakan, pelaku yang sudah dipantau oleh Polri adalah kelompok Jemaah Islamiyah (JI), kalau memang kelompok tersebut maka akan lebih mudah mengungkap motif dari ledakan tersebut.

"Kelompok tersebut sudah dalam pantauan Polri jadi lebih mudah untuk diungkap motifnya," jelasnya.

Dikatakannya, jika memang JI lama yang beraksi, pengungkapannya akan lebih mudah, dan tidak perlu ditakuti karena JI sudah tidak mempunyai kemampuan yang besar, dan hanya kecil-kecilan.

Lebih lanjut Adrianus mengatakan, kelompok JI kemungkinan saat ini terpecah menjadi dua kelompok yaitu kelompok lama dan baru. "Kalau kelompok JI yang lama mudah diungkap, tetapi kalau JI baru akan semakin sulit dipantau karena belum pernah terdeteksi oleh Polri," katanya.

Jika memang pelaku peledakan bom berasal kelompok JI yang baru, hal itu merupakan hal yang buruk karena akan lebih sulit mengungkapnya. Di samping itu diperlukan pengetahuan-pengetahuan khsusus untuk mengungkap kasus peledakan bom tersebut, katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com