Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

44 Tim Ikut Tour of Singkarak

Kompas.com - 19/01/2009, 17:17 WIB

 

JAKARTA, SENIN — Sebanyak 44 tim diundang mengikuti kejuaraan balap sepeda internasional Tour of Singkarak 2009 yang akan digelar 30 April-3 Mei. Balapan ini akan menempuh jarak 460 km dari Padang hingga Danau Singkarak.

"Kami mengundang 44 tim termasuk tim internasional. Nanti hanya 15 tim yang akan tampil," kata Ketua Harian PB ISSI Sofyan Ruzian seusai acara peluncuran kejuaraan itu di Jakarta, Senin (19/1).

Ia mengatakan, kejuaraan tersebut masuk kalender organisasi balap sepeda dunia (UCI). Tim yang akan diundang di antaranya dari Belanda, Jerman, dan Swiss.

Tour of Singkarak itu memiliki tingkat kesulitan yang lumayan karena jalan berliku dengan ketinggian 1.100 hingga 1.600 di atas permukaan laut.

Untuk tim dari Indonesia, menurut dia, terdiri dari tujuh tim yang teratas di Tour d’Indonesia tahun lalu.

Event ini dimulai etape 1 (Team Time Trial) di kota Padang dengan mengelilingi Gelora Imam Bonjol sejauh 4 km. Etape 2 Padang-Bukittinggi menempuh 92,3 km.

Etape 3 Bukittinggi-Sawahlunto dengan jauh 85,1 km. Etape 4 Sawahlunto-Danau Singkarak dengan jarak 90,2 km. Etape 5 Danau Singkarak-Danau Kembar-Danau Singkarak dengan jarak tempuh 188 km.

Ketua PB ISSI Phanny Tanjung dan Wali Kota Padang Fauzi Bahar hadir dalam acara peluncuran event yang memperebutkan hadiah total 60.000 dollar AS.

Wali Kota Padang Fauzi Bahar menyatakan, di kota Padang, kejuaraan internasional ini akan dimeriahkan dengan pesta rakyat Padang dan eksibisi sepeda santai (sepeda ontel).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com