Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Korban Kapal Tenggelam Libatkan Keluarga

Kompas.com - 16/01/2009, 10:46 WIB

PAREPARE, JUMAT — Pencarian korban tenggelam KM Teratai Prima yang dilakukan pada Jumat siang mengikutsertakan para keluarga korban.
    
"Mereka, para keluarga korban, akan diikutkan pada KRI Untung Suropati yang siang ini melakukan pencarian," kata SAR Mission Coordinator AL Kolonel Laut Jaka Santoso di Parepare, Jumat (16/1).
   
Menurut Jaka Santoso, sebanyak 13 orang anggota keluarga korban tersebut bersama empat tenaga medis dan kru penyelamat lainnya akan melakukan pencarian di wilayah perairan Parepare dan Majene.
   
Berdasarkan jadwal pada hari Jumat ini, pencarian mulai dilakukan sejak pagi hari sekitar pukul 06.00 Wita. Misi pertama dilakukan Kapal Angkatan Laut (KAL) Samalona yang menyusuri sektor selatan perairan Parepare menuju perairan Takkalasi, Kabupaten Barru, Sulsel.
   
Pada saat yang sama KRI Kakap juga melakukan patroli di sekitar Pulau Kapoposang, Kabupaten Barru. Namun, karena hasilnya nihil, pencarian diteruskan ke perairan sebelah barat Parepare.
   
Pencarian melalui laut itu dibantu lewat udara dengan menggunakan Heli BO-105 yang menyisir dari Pulau Kapoposang hingga perairan Majene. Operasi udara yang dimulai pukul 07.05 Wita ini rencananya akan ke Makassar untuk mengisi logistik, lalu melanjutkan pencarian ke perairan Parepare dan Majene.
   
Operasi pencarian lalu dilanjutkan sejumlah personel Basarnas menggunakan Rescue Boat 302/MKS dibantu aparat Yonif 721 TNI AD dan Brimob. Ratusan nelayan juga dilibatkan dalam upaya pencarian korban itu dengan menggunakan kapal-kapal nelayan.
    
Operasi pencarian pada pagi hari ditutup operasi lanjutan KAL Samalona yang menyisir perairan di sekitar Pulau Painikiang, Kabupaten Pangkep, pukul 10.15 Wita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com