Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaza Rusuh, Dollar AS Menguat

Kompas.com - 30/12/2008, 08:45 WIB

NEW YORK, SENIN - Dollar AS naik terhadap euro pada Senin (29/12) waktu setempat, setelah menutup penurunan awal perdagangan dalam sebuah perdagangan yang rapuh dan tipis dipicu eskalasi kerusuhan di Jalur Gaza dan pekan pendek jelang libur akhir tahun.
    
Euro dikutip 1,3957 dollar AS pada 2200 GMT di New York dibandingkan dengan 1,4025 dolar akhir Jumat, karena ketegangan di Timur Tengah mendorong harga minyak dan emas naik.
    
Dollar turun tipis menjadi 90,58 yen dari 90,78 yen pada Jumat. Pasar uang akan tutup pada Kamis untuk tahun baru, setelah Kamis lalu tutup untul libur Natal. Euro menguat mencapai 1,4363 dollar pada awal perdagangan Senin, namun memberikan kembali sebagian kenaikkannya.

"Euro naik terhadap dollar berlangsung pendek karena pembelian mata uang di sesi perdagaan di luar Eropa dan AS memberikan kembali seluruh kenaikannya menjadi berakhir turun," kata Kathy Lien, direktur riset valas di Global Forex Trading.

Pergerakan mata uang yang cenderung turun tidak mencerminkan fundamental, kata David Gilmore dari Foreign Exchange Analytics.

Melemahnya dollar terhadap euro di perdagangan Eropa pada Senin merupakan kontribusi dari eskalasi serangan Israel di Gaza. Israel menyerang Gaza untuk kali ketiga hari dengan alasan untuk menghabisi pasukan Hamas, telah menewaskan sedikitnya 345 warga sipil dan mendorong serangan balik roket dari para pejuang Palestina. "Serangan tersebut memicu kekhawatiran meluasnya ketegangan di kawasan kaya minyak Timur Tengah," kata para pedagang.

Dalam perdagangan terakhir di New York, Senin, dollar turun menjadi 1,0593 franc Swiss dari 1,0705 sementara pound Inggris turun pada 1,4443 dollar dari 1,4569 dollar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com