Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemping dengan Fasilitas Hotel

Kompas.com - 27/12/2008, 14:38 WIB

Ingin merasakan kemping, tetapi tidak tahu di mana tempat yang indah? Atau ingin kemping, tetapi tidak punya peralatan kemping? Atau… ingin sekali kemping, tetapi kalau ingin ke kamar mandi bagaimana? Tidak terbayang repotnya kalau harus mandi di sungai….

Kegiatan luar ruang seperti treking, permainan tantangan, arung jeram, dan juga kemping telah menjadi bagian dari daftar pilihan kegiatan mengisi liburan warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) sejak tahun 2000. Warga Jabodetabek yang sudah hafal semua lorong di pusat-pusat perbelanjaan kini mencari sesuatu yang baru di alam terbuka.

Mereka ingin mendapatkan suasana yang berbeda, pemandangan yang indah, udara segar, dan juga pengalaman seru menegangkan. Namun, mereka juga ingin merasakan semua itu dengan nyaman, tidak repot, tidak terlalu capek, dan tentu saja tidak harus berkotor-kotor.

Misalnya saja untuk kemping. Tidak terbayangkan tentunya jika harus membawa banyak barang, selain membawa tenda dan kantong tidur. Apalagi harus berjalan jauh sambil membawa barang banyak.

Kemudian harus mencari semak-semak jika ingin membuang hajat, harus bergelap-gelapan di malam hari, dan menyiapkan banyak alat proteksi diri guna menghindari binatang liar berbahaya, seperti ular.

Kebutuhan masyarakat Jabodetabek akan hiburan alam yang tidak merepotkan membentuk gaya hidup tersendiri. Ini melengkapi keragaman gaya hidup orang perkotaan selama ini. Persis seperti gaya hidup mal bagi para penggemar pusat perbelanjaan atau gaya hidup kafe bagi mereka yang gemar melewatkan waktu luang dengan ngopi di gerai-gerai kopi nan nyaman dan tentu saja mahal.

Kini muncul satu lagi sebutan, yaitu five star camping lifestyle alias gaya hidup alam bebas, khususnya kemping, mewah dengan gaya hotel bintang lima.

Tak heran bermunculan banyak tempat wisata alam dibuka di sekitar lereng Gunung Gede-Pangrango, yakni di Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Para pengelola tempat-tempat tersebut menawarkan sesuatu yang amat berbeda, bumi perkemahan yang sarat fasilitas layaknya hotel bintang lima.

Resort Camp Site Rumah Dua yang terletak di kawasan Taman Safari, Cisarua, dan Tanakita 5 Stars Camp Site yang dikelola Rakata Adventure di hutan lindung Situ Gunung, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Sukabumi, adalah contoh tempat kemping yang nyaman itu. ”Tempat kemping ini kami tujukan bagi orang yang semasa mudanya gemar naik gunung, lalu sekarang ingin mengenang keasyikan itu dengan cara yang lebih nyaman,” kata Bambang Sumantri, salah seorang petugas dari Rumah Dua.

Kemping ala resor atau hotel berbintang ini memang jauh dari kemping ala pendaki gunung. Begitu peserta datang, mereka langsung dijemput dengan mobil khusus dari tempat parkir. Tas dan barang bawaan tamu dimasukkan ke mobil berbeda untuk dibawa ke tenda masing-masing tamu, persis layanan concierge di hotel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com