Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi: Ban Tunggal, Balapan Pasti Seru

Kompas.com - 28/11/2008, 23:18 WIB

JEREZ, JUMAT - Musim 2009 nanti, MotoGP akan menerapkan peraturan baru. Semua kontestan di ajang balapan paling bergengsi di dunia tersebut menggunakan ban yang sama, karena MotoGP telah menetapkan bahwa Bridgestone menjadi pemasok tunggal untuk semua tim--sebelumnya, ada Bridgestone dan Michelin.

Dengan demikian, para pembalap tak punya alasan lagi untuk menyalahkan ban mereka. Artinya, kompetisi akan berlangsung ketat dan seru. Ini yang membuat Valentino Rossi menaruh ekspektasi yang tinggi, agar pertarungan pada musim 2009 nanti lebih kompetitif.

The Doctor yang menyabet gelar juara dunia MotoGP 2008 setelah dua musim sebelumnya kehilangan mahkota tersebut, telah merasakan efek dari regulasi baru itu. Pada tes di Jerez yang berlangsung selama dua hari (26 dan 27 November), dia harus bersaing ketat dengan pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Setelah hari pertama hanya mencatat waktu terbaik kedua di bawah Pedrosa, Rossi akhirnya bisa berbalik unggul pada tes hari kedua. Meskipun demikian, pembalap Italia tersebut hanya unggul tipis, yakni 0,018 detik, dari Pedrosa yang menjadi runner-up.

"Saya pikir, hasil tes pertama dengan menggunakan peraturan baru sangat positif. Akan menjadi sulit bagi Bridgestone untuk memutuskan ban mana yang digunakan. Namun karena semua orang menggunakan ban yang sama, maka sangat memungkinkan menyaksikan balapan seru di atas trek jika semuanya berada dalam level yang sama," ungkap Rossi, yang memulai pre-season keduanya dengan ban Bridgestone.

Hasil tes di Jerez ini membuat Rossi senang. Pasalnya, motor prototipe 2009 menunjukkan kemajuan yang signifikan sebelum mereka kembali melakukan tes pada bulan Februari 2009 di Sepang.

"Dibandingkan dengan tes hari pertama, kami menggunakan beberapa bagian yang berbeda namun performanya tidak terlalu buruk. Menutup tahun 2008 sebagai yang tercepat merupakan hal penting," tambah pembalap berusia 29 tahun itu. (MG/LOU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com