Amrozi dan Mukhlas Dikubur Berdampingan

Kompas.com - 09/11/2008, 14:13 WIB
Editor

Laporan wartawan Kompas Adi Sucipto

LAMONGAN, MINGGU — Amrozi dan Mukhlas alias Ali Ghufron, terpidana mati bom Bali I yang dieksekusi regu tembak, Minggu (9/11), dimakamkan berdampingan di Desa Tenggulan, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, diiringi ribuan pelayat.

Setelah dishalati di Masjid Baitul Mutaqin, jenazah keduanya sempat dibawa ke Kompleks Ponpes Al Islam sekitar 400 meter dari rumah ibu Amrozi, Tariyem. Jenazah dishalati lagi di Masjid Baiturrahman, Kompleks Pondok Pesantren Al Islam Tenggulun, sekitar pukul 13.00.

Sebelum jenazah diberangkatkan orang-orang sudah menuju permakaman lebih dulu. Jenazah dimakamkan berdampingan di lahan keluarga yang ditumbuhi 27 pohon mangga. Di tepi lahan milik Kakak Amrozi, Ustadz Khozin, dipasang tulisan "Makam Pejuang Islam, Amrozi dan Ali Ghufron".

Wartawan dan warga dilarang mengambil gambar prosesi pemakaman, mulai dari jenazah dimasukkan ke rumah ibu Amrozi, Tariyem, di Ponpes Al Islam hingga permakaman. Penggalian liang lahat sempat membentur batu sehingga batu itu dipahati dan digergaji. Mereka yang dari penggalian makam memekikkan takbir berkali-kali setelah liang lahat bisa didalamkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.