Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Banyuwangi, Jaksa Fokus 2002-2005

Kompas.com - 03/09/2008, 14:54 WIB

Laporan wartawan Kompas Dwi Indriastuti

JAKARTA, RABU-  Bupati Banyuwangi Ratna Ani Lestari dan mantan Bupati Banyuwangi Samsul Hadi ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pengadaan lahan lapangan terbang Blimbingsari di Banyuwangi, Jawa Timur. Jaksa penyidik Bagian Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung juga menetapkan enam orang lainnya sebagai tersangka dalam perkara yang diduga merugikan negara Rp 41 miliar itu.

Ketua tim jaksa penyidik, Moh Anwar, kepada wartawan mengatakan, saat ini fokus penyidikan pada tujuh tersangka selain Ratna Ani Lestari. "Kami harap bisa secepatnya ke pengadilan," katanya.

Mengenai pemeriksaan Bupati Ratna Ani Lestari, Moh Anwar menjelaskan, perkara yang berkaitan dengannya masih harus diekspos atau dipaparkan lagi. Dugaan korupsi dalam pengadaan lahan lapangan terbang terjadi sepanjang tahun 2002-2007.

Samsul Hadi ditetapkan sebagai tersangka terkait pengadaan lahan tahun 2002-2005, sedangkan Ratna Ani Lestari ditetapkan sebagai tersangka terkait pengadaan lahan tahun 2005-2007. Surat izin pemeriksaan terhadap Ratna Ani yang harus diajukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahkan belum diproses.

Samsul Hadi saat ini berada di tahanan di Jawa Timur, setelah beberapa waktu lalu divonis enam tahun penjara karena terbukti korupsi dalam pengadaan kapal dok di Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com