Trans-Jogja Rencana Tambah 30 Bus

Kompas.com - 04/08/2008, 21:24 WIB
Editor

 YOGYAKARTA, SENIN - Target okupansi Trans-Jogja yang terlampaui dalam enam bulan beroperasinya bus patas itu, akan disikapi dengan rencana penambahan satu lagi trayek. Jumlah armada juga direncanakan bertambah 30 bus. Saat ini, Trans-Jogja punya 54 bus yang melayani tiga trayek.

 

Poerwanto Johan Riyadi, Direktur Utama PT Jogja Tugu Trans (pengelola bus Trans-Jogja), Senin (4/8), mengatakan, tingkat okupansi bus naik melebihi target meski belum tajam. "Target awal okupansi adalah 45 persen, sekarang sudah 50 persen," katanya.

Atas dasar itu, ia menangkap masyarakat mulai menerima kehadiran bus patas. Karenanya, PT JTT berencana menambah satu trayek lagi dan 30 bus. Dikatakan, satu bus seharga Rp 450-an juta.

Kami segera menyampaikan permohonan penambahan trayek dan bus itu ke Pemprov. Mudah-mudahan awal tahun depan trayek baru ini sudah jalan, ucapnya.

Rencana trayek baru ini, ada tiga. Yakni Pakem-Jalan Kaliuran-Kota Yogyakarta, Godean (kota)-Jalan Godean-Kota Yogyakarta, atau Kota Bantul-Jalan Bantul-Kota Yogaykarta. Namun pihaknya belum menentukan pasti pilihan trayek mana yang akan diambil.

Martha (26), karyawan swasta mengeluhkan jarak antarhalte bus yang jauh. Saya berharap ada penambahan halte, atau kalau ada penambahan trayek, segera direalisasikan. Ini khan sekaligus mengurangi pencemaran dari asap bus-bus kota yang tua, katanya.

 

 

 

 

 

 

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X