Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trans-Jogja Rencana Tambah 30 Bus

Kompas.com - 04/08/2008, 21:24 WIB

 YOGYAKARTA, SENIN - Target okupansi Trans-Jogja yang terlampaui dalam enam bulan beroperasinya bus patas itu, akan disikapi dengan rencana penambahan satu lagi trayek. Jumlah armada juga direncanakan bertambah 30 bus. Saat ini, Trans-Jogja punya 54 bus yang melayani tiga trayek.

 

Poerwanto Johan Riyadi, Direktur Utama PT Jogja Tugu Trans (pengelola bus Trans-Jogja), Senin (4/8), mengatakan, tingkat okupansi bus naik melebihi target meski belum tajam. "Target awal okupansi adalah 45 persen, sekarang sudah 50 persen," katanya.

Atas dasar itu, ia menangkap masyarakat mulai menerima kehadiran bus patas. Karenanya, PT JTT berencana menambah satu trayek lagi dan 30 bus. Dikatakan, satu bus seharga Rp 450-an juta.

Kami segera menyampaikan permohonan penambahan trayek dan bus itu ke Pemprov. Mudah-mudahan awal tahun depan trayek baru ini sudah jalan, ucapnya.

Rencana trayek baru ini, ada tiga. Yakni Pakem-Jalan Kaliuran-Kota Yogyakarta, Godean (kota)-Jalan Godean-Kota Yogyakarta, atau Kota Bantul-Jalan Bantul-Kota Yogaykarta. Namun pihaknya belum menentukan pasti pilihan trayek mana yang akan diambil.

Martha (26), karyawan swasta mengeluhkan jarak antarhalte bus yang jauh. Saya berharap ada penambahan halte, atau kalau ada penambahan trayek, segera direalisasikan. Ini khan sekaligus mengurangi pencemaran dari asap bus-bus kota yang tua, katanya.

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com