Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

York, Kota Tua yang Tetap Muda

Kompas.com - 03/08/2008, 11:40 WIB

BEBERAPA teman menyarankan untuk mengunjungi kota York, sekitar 2-3 jam naik kereta api ke utara London, Inggris. Mereka menyebut kota itu indah.

Lebih dari sekadar indah, kota itu memberi pengalaman bagaimana kota berumur lebih dari 1.900 tahun mampu mengakomodasi perubahan kebutuhan masyarakat urban penghuninya.

Menjelang akhir Juli ketika kami mengunjungi York, cuaca sangat bersahabat. Kami beruntung tiba di sana tengah hari karena pada pagi hari hujan lebat sempat turun 20 menit.

”Matahari? Di mana di Inggris ada matahari,” kata sopir taksi yang membawa kami dari stasiun kereta api ke tempat penginapan. Padahal, siang itu sinar matahari cerah walaupun di langit awan gelap menggantung di sana-sini.

Kami menginap di bagian selatan kota. Segera setelah memasukkan koper ke kamar bergaya Victoria, kami berjalan kaki menuju pusat kota.

Daya tarik York berada di kawasan yang dikelilingi oleh tembok batu hitam dari abad pertengahan berbentuk persegi yang panjangnya sekitar 2,5 km.

Bangunan di dalam tembok berasal dari masa yang kurang lebih sama dengan bangunan tembok yang mengelilingi. Bagian kota ini tetap berfungsi seperti kota modern meskipun wadahnya adalah bangunan kuno.

Bangunan rumah tinggal, perkantoran, pertokoan, dan bangunan bersejarah menyatu di sana, menjadikan York kota yang unik.

Suasana kota membawa kembali ke masa lalu dengan banyak bangunan bergaya Georgia, tetapi semua kebutuhan masyarakat kota ada di sana.

Di daerah sekitar katedral bergaya gotik terbesar di Eropa Utara, York Minster, merupakan kawasan pejalan kaki yang bahkan pengendara sepeda pun tidak boleh melintas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com