Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dani Pedrosa Tes Mesin Pneumatic

Kompas.com - 25/07/2008, 11:48 WIB

JAKARTA, JUMAT - Usai Red Bull MotoGP di Laguna Seca, Amerika, Minggu lalu (20/7), para pembalap mendapat waktu istirahat hampir satu bulan, untuk kemudian berlaga di Ceko (19/8). Sebagian pembalap memanfaatkan waktu yang panjang dengan berlibur, tidak demikian dengan Dani Pedrosa.

Pembalap utama tim Repsol-Honda yang gagal tampil di MotoGP Amerika lantaran cedera akibat jatuh di Sachsenring belum sembuh, malah akan mengetas Honda RC212V di sirkuit Brno (Ceko). Kapannya masih belum dibocorkan, tapi motor yang ditungganginya memakai mesin Pneumatic-valve yang sudah lebih dulu digenjot oleh rekan setimnya, Nicky Hayden mulai di MotoGP di Inggris, Juni lalu. Hasilnya, memang belum menaikkan pembalap asal Amerika itu ke podium kemenangan.

Kenapa bukan dari seri pembuka mesin pneumatic diterjunkan? Pasalnya,  selama  winter testing di awal tahun mesin mengalami gangguan. Pengembangannya pun berjalan paralel dengan mesin konvensional valve-spring yang dipakai balap. Dan Dani yang disodori mesin konvensional berhasil delapan kali naik podium, dia di antaranya memenangkan lomba.

"Selama masa liburan, motor akan dikerjakan di Jepang," ujar juru bicara tim. "Pabrikan di sana akan mengembangkan secara bersamaan  mesin valve-spring dan pneumatic. Dan selesai dari Brno, Dani langsung menguji RC212V bermesin pneumatic di sirkuit itu selama dua hari. Karena, di antara seluruh tim balap, hanya tinggal Honda yang memakai mesin valve-spring.

Sebaliknya, Hayden tidak dapat merasakan kenyamanan berlomba dengan mesin konvensional di sasis 2008. Tim akhirnya memutuskan ia menggunakan dapur pacu pneumatic mulai di Inggris lalu.


SBT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com