Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal "2 in 1" Pelni Beroperasi Agustus

Kompas.com - 21/07/2008, 16:28 WIB

JAKARTA, SENIN-PT Pelayaran nasional Indonesia (Pelni) merencanakan untuk mengoperasikan Kapal Motor Gunung Dempo mulai Agustus mendatang. Kapal ini diklaim sebagai kapal 2 in 1 (two in one) pertama Pelni, karena selain mampu membawa 1.583 penumpang, KM Dempo juga akan mengangkut maksimal 98 kontainer.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Usaha PT Pelni, Jussabella Sahea usai penyerahan ISO 9001:2001 dari PT Sucofindo kepada Pelni di Jakarta, Senin (21/7). “Bulan Agustus KM Dempo sudah mulai beroperasi,” kata dia.

Kapal berbobot 14.200 GT yang dioperasikan dengan 141 awak ini, jelas Jussabella, diproyeksikan untuk melayani penumpang dengan rute perjalanan Jakarta-Surabaya- Makassar, Ambon-Sorong- Biak/Serui- Jayapura.

Jussabella berharap, dengan dioperasikannya KM Gunung Dempo ini, PT Pelni mampu melayari perairan Nusantara tidak menggunakan dana public service obligation (PSO/subsidi pelayanan umum). “Kita memaksimalkan pendapatan dari keuntungan kargo, sehingga biaya operasionalnya bias tertutupi,” tandasnya.

Dalam hitungannya, biaya yang didapatkan dari angkutan 98 kontainer, bisa menutupi ongkos mengangkut 1.000 penumpang. Saat ini, untuk operasinya, 40 persen ongkos operasional Pelni didapatkan dari dana PSO.(PersdaNetwork/ Hendra Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com