Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona akan Halangi Messi ke Olimpiade

Kompas.com - 18/07/2008, 00:05 WIB

BARCELONA, KAMIS - Klub Catalonia, Barcelona, akan melawan anjuran FIFA dengan berusaha menghalangi Lionel Messi tampil di Olimpiade Beijing, Agustus nanti. Sebab, di saat yang sama, Barcelona sangat membutuhkan pemain itu.

FIFA sudah mengeluarkan instruksi agar semua klub melepaskan pemainnya yang berumur di bawah 23 tahun untuk membela negaranya di Olimpiade. Namun, Barcelona akan menentang anjuran tersebut, karena pihaknya juga sedang memperjuangkan nasib di Liga Champions.

Messi diharapkan tetap membela Barcelona di kualifikasi Liga Champions pada 12-13 dan 26-27 Agustus. Artinya, dia tak memiliki kesempatan membela Argentina di Olimpiade, kecuali Barcelona melepaskannya.

Direktur Olahraga Barcelona, Txiki Begiristain mengatakan, akan berusaha bernegosiasi dengan FIFA atau pihak yang berhubungan dengan Olimpiade, agar bisa tetap memakai Messi. Sebab, Barcelona juga punya hak untuk menggunakan pemain tersebut.

"Apa yang kami inginkan adalah Messi bisa bermain di babak kualifikasi Liga Champions. Kami percaya, klub kami tetap punya hak untuk memakai pemainnya. Kami harap FIFA akan menyetujui permohonan ini. Semangat Olimpiade memang penting, tapi Liga Champions juga sama pentingnya," tegas Begiristain.

Padahal, FIFA sudah menegaskan pihaknya tak akan menerima permohonan apa pun dari Barcelona. Bahkan, FIFA mengharapkan Barcelona menuruti ketentuan yang sudah digariskan FIFA.

Barcelona memang terancam krisis penyerang, setelah Ronaldinho pindah ke AC Milan. Sementara Samuel Eto'o diperkirakan akan meninggalkan klub tersebut. Maka, Barcelona berharap Messi tetap berada di tim. Mei lalu, Messi sempat menyatakan ingin membela Argentina mempertahankan medali emas yang diraih di Olimpiade sebelumnya. Namun, dalam beberapa kesempatan dia juga mengatakan akan bermain di mana tim itu sangat membutuhkannya.

Jika dia tampil di Olimpiade, maka akan bereuni dengan banyak anggota tim Argentina yang menjuarai Piala Dunia U-20 pada 2005. Di sisi lain, Barcelona sangat membutuhkannya karena harus tampil di babak kualifikasi Liga Champions, setelah musim lalu hanya menempati urutan ketiga klasemen Divisi Primera La Liga. (AP/HPR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com