Salin Artikel

Hari Tenang Pemilu, Cak Imin Sowan ke Rumah Ibu dan Ziarah ke Makam Kakek Buyut di Jombang

JOMBANG, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mengisi hari tenang sebelum pemilihan umum (pemilu) 14 Februari 2024 dengan mengunjungi kediaman ibundanya dan ziarah ke makam kakek buyutnya di Denanyar, Jombang pada Senin (12/2/2024).

Politikus yang akrab disapa Cak Imin itu berziarah ke makam KH Wahab Chasbullah sekitar pukul 10.05 WIB. Didampingi istrinya, Rustini Murtadho, Cak Imin berdoa di pusara KH Wahab Hasbullah.

Setelah berziarah, Cak Imin kemudian menuju kediaman ibundanya, Muhasonah Iskandar untuk melakukan sungkem dan bersilahturahmi sebelum masa pemungutan suara pemilu.

"Ya ini masa tenang, saya akan sowan ibu saya, tapi saya harus mampir di (makam) kakek buyut saya dulu. KH Wahab Chasbullah," ujar Cak Imin usai melakukan ziarah.

Cak Imin menuturkan, CH Wahab Hasbullah merupakan salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan juga salah satu pendiri Partai Masyumi.

Selain itu, KH Wahab menurutnya merupakan teman akrab Presiden pertama RI, Soekarno (Bung Karno).

"KH Wahab Chasbullah itu, salah satu pendiri NU sekaligus partai Masyumi. Dan juga teman akrab Bung Karno seangkatan, seperjuangan," tutur Cak Imin.

"Jadi saya meluangkan untuk bisa sowan ke beliau, memohon kepada Allah agar keberhasilan terus ada di diri kita dan mampu meneruskan perjuangan sebagai anak, cucu, cicit dari beliau, saya mohon kepada Allah agar bisa kuat meneruskan semangat beliau," tambahnya.

Adapun masa tenang Pemilu 2024 berlangsung pada Minggu-Selasa (11-13 Februari 2024.

Selama masa tenang para capres dan cawapres tidak lagi melaksanakan kegiatan kampanye atau sosialisasi dalam bentuk apa pun.

Pemungutan suara akan digelar secara serentak pada Rabu, 14 Februari 2024.

Pemilu kali ini digelar bukan hanya untuk memilih presiden dan wakil presiden, tetapi juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/12/11263401/hari-tenang-pemilu-cak-imin-sowan-ke-rumah-ibu-dan-ziarah-ke-makam-kakek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke