Salin Artikel

Bertemu Anwar Ibrahim, Ma'ruf Amin Minta Perlindungan bagi Pekerja Migran Ditingkatkan

JAKARTA, KOMPAS.com- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta pemerintah Malaysia untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia yang bekerja di negara tersebut.

Isu perlindungan bagi pekerja migran ini merupakan salah satu topik yang dibahas ketika Ma'ruf mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Kuching, Malaysia, Selasa (28/11/2023).

"Menyangkut soal pekerja migran Indonesia, kita harapkan ada perbaikan perlindungan, dan mendapatkan respons baik,” kata Ma'ruf, Selasa, dikutip dari siaran pers.

Selain soal pekerja migran, kedua pimpinan negara ini turut membahas isu investasi dan internasional, yakni konflik yang terjadi Gaza.

Ma'ruf ingin kerja sama Indonesia dan Malaysia dapat terus ditingkatkan di segala bidang.

“Upaya investasi Malaysia di Indonesia supaya ada peningkatan, terutama juga yang di IKN dari Serawak ini, (seperti) energi terbarukan, transportasi, dan konstruksi. Jadi sudah (ada) partisipasi di pembangunan IKN,” kata dia.

Terkait Palestina, Ma'ruf menyebutkan bahwa kedua negara sepakat agar perang di Gaza segera diakhiri dan mendorong penyelesaian konflik secara permanen.

“Beliau sendiri mengatakan bahwa beliau dengan Indonesia dan Pak Jokowi sama-sama kencang untuk membela Palestina, untuk menghentikan perang di Gaza, dan juga mencari penyelesaian, terus dilakukan. Tidak hanya semacam jeda beberapa hari, tetapi dihentikan secara keseluruhan,” kata dia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono menambahkan, Anwar berjanji akan memberikan solusi atas masalah perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia di Malaysia.

Selain itu, Anwar juga menyatakan akan menyelesaikan secara cepat masalah perbatasan wilayah kedua negara.

“Mengenai perlindungan sektor rumah tangga, Pak PM berjanji akan menyelesaikan masalah ini, dan juga percepatan penyelesaian masalah perbatasan,” ujar Hermono.

https://nasional.kompas.com/read/2023/11/29/07053421/bertemu-anwar-ibrahim-maruf-amin-minta-perlindungan-bagi-pekerja-migran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke