Salin Artikel

Lonjakan Kasus Covid-19 Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali yang Mulai Ancam Faskes dan Nakes

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam konferensi pers usai rapat evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada Senin (7/2/2022), Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, angka reproduksi kasus Covid-19 di Jawa dan luar Jawa mengalami kenaikan.

Di beberapa daerah di luar Jawa angka kenaikannya tercatat di atas 1. Itu artinya, satu orang yang terinfeksi, dapat menginfeksi satu orang lainnya.

"Angka reproduksi kasus efektif di beberapa daerah (Jawa) termasuk di luar Jawa itu mengalami kenaikan. Dampaknya tentu kita lihat di Sumatera itu tetap, Kalimantan naik 1,02, Maluku naik 1,2, Papua 1,07, Nusa tenggara 1,04 dan Sulawesi 1,02," ujar Airlangga.

Airlangga juga mengungkapkan adanya kenaikan keterpakaian tempat tidur atau bed occupancy ratio rumah sakit (BOR) di luar Jawa. Tertinggi, terjadi di Sulawesi Tenggara, yakni 15 persen.

Kemudian berturut-turut disusul Sumatera Selatan 11 persen, Lampung 11 persen, Kalimantan Selatan 10 persen, Bengkulu 10 persen serta sisanya di bawah 10 persen.

Sementara itu, hingga Senin sore pemerintah melaporkan penambahan 26.121 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Dengan penambahan kasus baru tersebut, total kasus Covid-19 di Tanah Air saat ini mencapai 4.542.601.

Di sisi lain kasus penularan Covid-19 akibat varian Omicron juga terus bertambah.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga Senin total kasus Covid-19 akibat penularan varian Omicron di Indonesia mencapai 4.515 kasus.

Nadia mengatakan, dari jumlah tersebut, sebanyak 1.819 merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN) dan 2.008 berasal dari transmisi lokal.

"Kasus Omicron yg dilaporkan sampai dengan hari ini adalah 4.515. Terdiri dari PPLN 1.819, transmisi lokal 2.008 dan masih diverifikasi 688," jelas Nadia kepada Kompas.com.

Peningkatan kasus sangat cepat

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tren kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia saat ini meningkat sangat cepat.

Meski demikian, menurutnya, dampak kenaikan saat ini lebih kecil dari dampak akibat penularan varian Delta.

"Tren kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia meningkat sangat pesat. Namun, secara umum dampak terhadap RS dan kematian secara keseluruhan relatif masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan varian Delta," ujar Luhut dalam keterangan pers pada Senin.

"Sebagai contoh kenaikan kasus di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten meningkat pesat namun angka perawatan RS dan kematian masih relatif rendah dan lebih kecil dibandingkan (saat) gelombang Delta," jelasnya.

Luhut kemudian menyoroti kasus Covid-19 di Provinsi Bali yang meningkat dibarengi dengan peningkatan keterisian tempat tidur di rumah sakit.

Luhut mengatakan, Bali merupakan salah satu dari tiga provinsi yang saat ini mencatatkan jumlah kasus harian konfirmasi Covid-19 melebihi puncak gelombang Delta pada Juli 2021 lalu.

Meski demikian, ia mengklaim tingkat keterisian rumah sakit di Bali saat ini masih dalam kondisi aman.

"Untuk Provinsi Bali perlu mendapat perhatian khusus karena terdapat tren penambahan kasus juga melebihi puncak Delta, angka keterisian rumah sakit juga meningkat," katanya.

Menkes sebut keterisian RS terkendali

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin merinci adanya tiga provinsi yang saat ini mencatatkan jumlah kasus melebihi jumlah kasus harian puncak pada gelombang Delta yakni DKI Jakarta, Banten, dan Bali.

DKI Jakarta pada Minggu (6/2/2022) kemarin mencatatkan lebih dari 15.800 kasus sehari. Jumlah tersebut lebih tinggi ketimbang puncak varian Delta pertengahan tahun lalu yang sebanyak 14.600 kasus.

Sementara itu, Banten mencatatkan 4.800 kasus sehari dengan puncak kasus harian pada gelombang Delta sebanyak 3.900.

Adapun Bali, tercatat jumlah kasus harian telah mencapai 2.000, sementara pada puncak kasus harian pada gelombang varian Delta sebanyak 1.900 kasus.

"Ketiga provinsi yang jumlah kasus hariannya melebihi puncak Delta tersebut, angka yang dirawat di rumah sakit masih sekitar 30 persen sampai 50 persen," kata Budi.

Meski demikian, Budi meminta masyarakat untuk tidak panik lantaran kasus Covid-19 harian yang terus melonjak memasuki dua pekan terakhir.

Menurut Budi, meski jumlah kasus konfirmasi harian tinggi, jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit cenderung masih rendah.

"Tidak usah panik kalau melihat jumlah kasus naik tinggi. Yang penting yang masuk rumah sakit lebih rendah dan masih bisa terkendali," tuturnya.

Berdasarkan data, saat ini jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang telah terisi sebanyak 18.966.

Sementara, kapasitas tempat tidur rumah sakit untuk pasien Covid-19 mencapai 120.000 dari keseluruhan kapasitas rumah sakit yang mencapai 400.000 tempat tidur.

"Dan dari 18.966 yang sudah konfirmasi Covid-19 15.262 lainnya masih probable. Jadi angka dari 15.000 itu, balik lagi kapasitas rumah sakit untuk perawatan Covid-19 120.000," kata Budi.

Ia pun menilai, sebenarnya jumlah pasien Covid-19 yang perlu dirawat di rumah sakit tak mencapai realisasi saat ini.

Pasalnya, 10.000 dari 18.966 pasien Covid-19 yang dirawat tersebut bergejala ringan bahkan tak bergejala.

"Jadi sebenarnya ke depannya kalau kita lebih efisien dengan cara orang tanpa gejala dan bergejala ringan bisa isolasi mandiri atau terpusat, sebenarnya keterisian rumah sakit masih sangat rendah," kata Budi.

Nakes dan RS mulai terancam

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban mengatakan, gelombang ketiga pandemi virus SARS-Cov-2 (Covid-19) yang terjadi sejak awal Februari mulai mengancam nasib tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia.

Ia pun menyoroti, bila jumlah kasus infeksi Covid-19 pada kelompok nakes kian meningkat, maka akan memengaruhi layanan rumah sakit yang saat ini sedang sangat dibutuhkan.

"Gelombang ini mulai mengancam nakes di rumah sakit. Kalau yang terinfeksi banyak dan mereka harus cuti, maka ketidaktersediaan nakes akan memengaruhi pelayanan," ujar Zubairi seperti dikutip dari akun Twitternya, @ProfesorZubairi, yang telah dikonfirmasi Kompas.com pada Senin.

Ia pun menjelaskan, ancaman pada nakes tersebut bisa menjadi masalah yang berat.

Zubairi bercermin dari kondisi di Inggris, di mana layanan rumah sakit yang nyaris kolaps akibat gelombang Omicron awal Januari lalu.

Bahkan, Kementerian Pertahanan Inggris harus mengerahkan tentaranya untuk mendukung rumah sakit di London.

Pada puncak penularan Covid-19 tersebut, Inggris melaporkan lebih dari 150.000 kasus baru setiap hari selama lebih dari sepekan.

"Hal ini dapat menjadi masalah yang berat, seperti yang terjadi di Inggris. Saya harap itu tidak terjadi," kata Zubairi.

Adapun untuk melindungi para nakes, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan mendorong disediakannya penginapan di dekat RS yang dapat digunakan untuk mereka.

Tujuannya untuk menjaga kondisi kesehatan mereka setelah bertugas para pasien positif di RS.

"Pemerintah mendorong penyediaan fasilitas penginapan khusus untuk para tenaga kesehatan. Jadi nakes kita harapkan dapat nginap di hotel yang dekat dengan RS. Sehingga, mereka bisa kita proteksi juga kesehatannya dan juga mereka jangan sampai tertular," ujar Luhut.

Menurut Luhut, langkah itu merupakan satu dari enam kebijakan lain yang dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19.

https://nasional.kompas.com/read/2022/02/08/07402571/lonjakan-kasus-covid-19-jawa-bali-dan-luar-jawa-bali-yang-mulai-ancam-faskes

Terkini Lainnya

Menag Bertolak ke Saudi, Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji

Menag Bertolak ke Saudi, Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji

Nasional
Ide 'Presidential Club' Prabowo: Disambut Hangat Jokowi dan SBY, Dipertanyakan oleh PDI-P

Ide "Presidential Club" Prabowo: Disambut Hangat Jokowi dan SBY, Dipertanyakan oleh PDI-P

Nasional
Ganjar Pilih Jadi Oposisi, PDI-P Dinilai Hampir Dipastikan Berada di Luar Pemerintahan Prabowo

Ganjar Pilih Jadi Oposisi, PDI-P Dinilai Hampir Dipastikan Berada di Luar Pemerintahan Prabowo

Nasional
Jemaah Haji Kedapatan Pakai Visa Non Haji, Kemenag Sebut 10 Tahun Tak Boleh Masuk Arab Saudi

Jemaah Haji Kedapatan Pakai Visa Non Haji, Kemenag Sebut 10 Tahun Tak Boleh Masuk Arab Saudi

Nasional
BNPB Tambah 2 Helikopter untuk Distribusi Logistik dan Evakuasi Korban Longsor di Sulsel

BNPB Tambah 2 Helikopter untuk Distribusi Logistik dan Evakuasi Korban Longsor di Sulsel

Nasional
Luhut Ingatkan soal Orang 'Toxic', Ketua Prabowo Mania: Bisa Saja yang Baru Masuk dan Merasa Paling Berjasa

Luhut Ingatkan soal Orang "Toxic", Ketua Prabowo Mania: Bisa Saja yang Baru Masuk dan Merasa Paling Berjasa

Nasional
Mahfud Kembali ke Kampus Seusai Pilpres, Ingin Luruskan Praktik Hukum yang Rusak

Mahfud Kembali ke Kampus Seusai Pilpres, Ingin Luruskan Praktik Hukum yang Rusak

Nasional
[POPULER NASIONAL] Eks Anak Buah SYL Beri Uang Tip untuk Paspampres | Ayah Gus Muhdlor Disebut dalam Sidang Korupsi

[POPULER NASIONAL] Eks Anak Buah SYL Beri Uang Tip untuk Paspampres | Ayah Gus Muhdlor Disebut dalam Sidang Korupsi

Nasional
Ganjar: Saya Anggota Partai, Tak Akan Berhenti Berpolitik

Ganjar: Saya Anggota Partai, Tak Akan Berhenti Berpolitik

Nasional
Tanggal 9 Mei 2024 Memperingati Hari Apa?

Tanggal 9 Mei 2024 Memperingati Hari Apa?

Nasional
Ganjar Kembali Tegaskan Tak Akan Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Ganjar Kembali Tegaskan Tak Akan Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Nasional
Kultur Senioritas Sekolah Kedinasan Patut Disetop Buat Putus Rantai Kekerasan

Kultur Senioritas Sekolah Kedinasan Patut Disetop Buat Putus Rantai Kekerasan

Nasional
Kekerasan Berdalih Disiplin dan Pembinaan Fisik di Sekolah Kedinasan Dianggap Tak Relevan

Kekerasan Berdalih Disiplin dan Pembinaan Fisik di Sekolah Kedinasan Dianggap Tak Relevan

Nasional
Kekerasan di STIP Wujud Transformasi Setengah Hati Sekolah Kedinasan

Kekerasan di STIP Wujud Transformasi Setengah Hati Sekolah Kedinasan

Nasional
Ganjar Bubarkan TPN

Ganjar Bubarkan TPN

Nasional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke