Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Kebinekaan

Kompas.com - 17/05/2017, 17:39 WIB

Oleh: Asep Salahudin

Dalam sebuah dramanya, ”Pintu Tertutup (Huis Clos), Sartre menahbiskan ”Neraka adalah orang lain”, L’enfer c’est les autres.

Ungkapan ini dalam konteks keindonesiaan akhir-akhir ini menarik untuk direnungkan betapa sesungguhnya akar kekerasan dan konflik itu secara hakiki berangkat dari sebuah pandangan artifisial ketika menempatkan orang lain di luar dirinya sebagai ”neraka” sehingga kemungkinan menghadirkan tampilnya keadaban hidup menjadi kecil. Layaknya penghuni ”neraka”, maka stigma yang pantas disematkan adalah kafir, munafik, bidah, sesat, dan gambaran menyeramkan lain.

L’enfer c’est les autres sebagai bentuk gelap relasi sosial karena yang berkecamuk dalam isi kepala adalah pembayangan bahwa kepentingan diri dan kelompok jauh lebih penting di atas kepentingan lain, kepentingan partisan mengalahkan kebersamaan. Orang lain dalam pemahamannya bukanlah subyek yang harus mendapatkan pemuliaan sebagaimana mestinya, tetapi tak lebih obyek yang wajib selamanya dicurigai dan atau dieksploitasi habisan-habisan untuk menghamba terhadap kepentingannya.

Di tikungan ini, sesungguhnya politik mobilisasi bergerak. Orang lain tak lebihhanya kerumunan massa anonim dan impersonal yang harus dikendalikan untuk melayani nafsu kepentingannya. Kepentingan itu bisa bersifat atas nama keagamaan atau politik atau politik berjubahkan agama. Yang terakhir biasanya yang paling mudah diterapkan karena isu agama yang paling gampang menggerakkan massa, apalagi di negara dengan tingkat melek aksara dan politik yang sangat minim.

Maka, bisa dipahami seandainya sosiolog Ibnu Rusydi sampai pada kesimpulan bahwa dalam kerumunan massa yang dominan bukan kerja nalar, tetapi emosi; bukan argumentasi yang berjalan, tetapi sentimentalisme kejiwaan yang melayang-layang tak karuan; bukan akal budi, tetapi akal bulus. Individu yang larut dalam kejamaahan biasanya lepas dari otonomi dirinya dan yang tersisa adalah sebuahgambaran tak ubahnya karnaval bebek yang digiring tuannya dengan langkah dan suara yang seragam, patuh, pasif, dan nyaris tanpa inisiatif.

Apa yang disampaikan tuannya pasti benar dan harus selalu benar. Perilaku tuannya, walaupun keliru, dicarikan alasan pembenarannya karena sejak awal sudah diyakini suci dan keturunan orang-orang suci.

Kehadiran bersama

Tentu saja dalam konteks keindonesiaan yang heterogen yang diperlukan bukan pandangan politik-keagamaan yang partisan dan selalu menatap ”lian” sebagai neraka, tetapi justru kebalikannya. Orang lain adalah surga. Indonesia dikatakan Indonesia karena keragamannya yang tak tepermanai. Karena ada Sunda, Minang,Jawa, Makassar, Batak, Bali, dan lain sebagainya yang sudah bersepakat mengikatkan diri dalamNKRI lengkap dengan budaya, bahasa, dan kepercayaannya yang berbeda.

Kesempatan perjumpaan dengan liyan adalah momen-momen berharga untuk semakin mendewasakan kedirian kita. Prinsipyang harus dikedepankan adalah peneguhan bahwa liyan merupakan jembatan untuk mencapai transendensi. Atau dalam istilah Marcel, kehadiran orang lainsebagai ”ada” yang wajib dan tak terelakkan agar kita bisa mencapai wujud eksistensi paling hakiki. Relasi dengan liyanselalu mengandung arti ”ada bersama”, esse est co esse.

Seseorang bisa mengenal dirinya tidak dengan cara menafikan liyan, apalagi membuat orang lain tak berdaya karena keterampilan kita berbohong, kecermatan berdusta, ngomong berbusa-busa lewat toa,dan memanipulasi fakta dan menyelewengkan tafsir agama, tetapi justrupengenalan diri itu harus dilakukan lewat kesediaan membuka terhadap kehadiran yang lain. Diri yang otentik itudiletakkan dalam makam sikap perlakuan baikterhadap yang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan orang lain dengan baik, jujur, dan penuh penghormatan.

Ziarah diri dalam menuju kebersamaan luhur dan persekutuan jujur ini tentu saja mensyaratkan terpenuhinya tiga imperatif dari sikap zuhud. Pertama, kesediaan melepaskan egosentrisme. Kedua,menanggalkan watak-watak merasa benar sendiriKetiga, kesanggupan untuk tidak pernah memonopoli kebenaran. Atau, dalam istilah Marcel sebagaimana dikutip Mathias Haryadi(1994), hubungan antarpribadi yang otentik seperti itu mengandaikanterlibatnya cinta yang bisamenyatukan ”aku-engkau” menjadi kita.

Cinta yang menandai hubungan intersubyektif itutampil secara nyata dalam sikap batinberupa:pertama, kerelaan untuk terbuka (disponibilite); kedua, kesediaan untuk terlibat (l’engagement), dan ketiga, kesetiaan untuk selalu memperbarui hubungan itu (fidelite creatrice).

”...Jika orang lain tidak ada, maka aku pun tidak ada lagi. Aku tidak dapat bereksistensi kalau orang lain juga tidakbisa demikian. Kesempatan-kesempatan dan pertemuan dengan orang lain bukanlah merupakan fakta yang kontingen—jadi yang bersifat ada dan boleh tidak ada—melainkan fakta yang inheren pada cara kita bereksistensi, yaitu berada di dunia, hidup di dunia”

Jangkar utama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Usul Prabowo Tambah Kementerian Diharap Bukan Politik Akomodatif

Usul Prabowo Tambah Kementerian Diharap Bukan Politik Akomodatif

Nasional
Pakar Ungkap 'Gerilya' Wacana Tambah Kementerian Cukup Gencar

Pakar Ungkap "Gerilya" Wacana Tambah Kementerian Cukup Gencar

Nasional
Daftar Kepala BIN dari Masa ke Masa, Zulkifli Lubis hingga Budi Gunawan

Daftar Kepala BIN dari Masa ke Masa, Zulkifli Lubis hingga Budi Gunawan

Nasional
Gelar Halalbihalal, MUI Gaungkan Pesan Kemanusiaan untuk Korban Genosida di Gaza

Gelar Halalbihalal, MUI Gaungkan Pesan Kemanusiaan untuk Korban Genosida di Gaza

Nasional
Perjalanan BIN 6 Kali Berganti Nama, dari Brani hingga Bakin

Perjalanan BIN 6 Kali Berganti Nama, dari Brani hingga Bakin

Nasional
'Prabowo Banyak Dikritik jika Tambah Kementerian, Baiknya Jaga Kebatinan Rakyat yang Sedang Sulit'

"Prabowo Banyak Dikritik jika Tambah Kementerian, Baiknya Jaga Kebatinan Rakyat yang Sedang Sulit"

Nasional
Pengamat Nilai Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres Jadi Motivasi Kandidat Pilkada Berbuat Curang

Pengamat Nilai Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres Jadi Motivasi Kandidat Pilkada Berbuat Curang

Nasional
PPP Papua Tengah Klaim Pegang Bukti Kehilangan 190.000 Suara pada Pileg 2024

PPP Papua Tengah Klaim Pegang Bukti Kehilangan 190.000 Suara pada Pileg 2024

Nasional
Koarmada II Kerahkan 9 Kapal Perang untuk Latihan Operasi Laut Gabungan 2024, Termasuk KRI Alugoro

Koarmada II Kerahkan 9 Kapal Perang untuk Latihan Operasi Laut Gabungan 2024, Termasuk KRI Alugoro

Nasional
Kandidat Versus Kotak Kosong pada Pilkada 2024 Diperkirakan Bertambah

Kandidat Versus Kotak Kosong pada Pilkada 2024 Diperkirakan Bertambah

Nasional
Rencana Prabowo Bentuk 41 Kementerian Dinilai Pemborosan Uang Negara

Rencana Prabowo Bentuk 41 Kementerian Dinilai Pemborosan Uang Negara

Nasional
Di MIKTA Speakers’ Consultation Ke-10, Puan Suarakan Urgensi Gencatan Senjata di Gaza

Di MIKTA Speakers’ Consultation Ke-10, Puan Suarakan Urgensi Gencatan Senjata di Gaza

Nasional
KPK Sebut Kasus Gus Muhdlor Lambat Karena OTT Tidak Sempurna

KPK Sebut Kasus Gus Muhdlor Lambat Karena OTT Tidak Sempurna

Nasional
TNI AL Ketambahan 2 Kapal Patroli Cepat, KRI Butana-878 dan KRI Selar-879

TNI AL Ketambahan 2 Kapal Patroli Cepat, KRI Butana-878 dan KRI Selar-879

Nasional
Sejarah BIN yang Hari Ini Genap Berusia 78 Tahun

Sejarah BIN yang Hari Ini Genap Berusia 78 Tahun

Nasional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com