Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Nilai Perombakan Kabinet Menyenangkan Pasar

Kompas.com - 21/08/2015, 17:22 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa perombakan kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo membawa dampak positif terhadap pasar. Dampak positif itu terjadi karena tim ekonomi Presiden kini dianggap lebih kuat.

"Saya lihat dari apa yang saya temui, capital market semua happy dengan adanya Pak Darmin masuk sebagai Menko (Bidang Perekonomian)," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Darmin Nasution menjadi Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Adapun Sofyan menjadi Menteri Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas menggantikan Andrinof Chaniago. Selain itu, posisi Menteri Perdagangan yang sebelumnya dijabat oleh Rachmat Gobel digantikan oleh Thomas Lembong.

Menurut Luhut, respons positif dari pasar muncul karena ketiga menteri bidang ekonomi itu dipercaya menguasai bidangnya. Karena itu, ia yakin bahwa koordinasi menteri-menteri ekonomi Jokowi akan berjalan baik dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

"Tim ekonomi jadi lebih kuat karena mereka punya pengalaman-pengalaman yang sangat baik dalam bidangnya," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com