Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jokowi Jadi Capres Tak Berarti Khianati Jakarta..."

Kompas.com - 15/03/2014, 06:28 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Jumat (14/3/2014), menyatakan telah mendapat mandat menjadi calon presiden dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan dia menyatakan siap. Jokowi menjadi capres dinilai bukan bentuk pengkhianatannya terhadap Jakarta maupun janji kampanye saat maju dalam Pemilu Gubernur DKI Jakarta.

“Menjadi presiden tidak berarti meninggalkan DKI, kalau jadi gubernur di tempat lain baru mungkin,” kata mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, saat berbincang dengan sejumlah wartawan di kediamannya, di Jakarta, Jumat malam. Justru, ujar dia, Jokowi akan dapat lebih cepat menangani persoalan Jakarta bila dia menjadi presiden.

Menurut Kalla, salah satu persoalan yang harus diselesaikan segera oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah infrastruktur dan transportasi. Namun, kata dia, kedua persoalan hanya dapat diselesaikan dengan cepat bila pemerintah pusat menjadikannya sebagai prioritas. "Kalau dengan (Jokowi) menjadi presiden, bisa saja berbuat lebih banyak demi Jakarta,” ujar dia.

Di tempat terpisah, Presidium Sekretariat Nasional Jokowi, Samuel A Pangerapan, mengatakan, persoalan yang terjadi di Jakarta merupakan problem nasional. Dia mengatakan perlu sinergi yang komprehensif untuk menyelesaikan masalah itu.

Namun, Samuel mengatakan, rencana pencapresan Jokowi memang rawan menjadi sasaran empuk kampanye hitam oleh para lawan politik. “Untuk itu, semua pendukung Jokowi harus mampu menjelaskan secara baik dan santun bahwa hanya dengan Jokowi sebagai presiden, maka masalah-masalah yang sulit diselesaikan di Jakarta akan dapat lebih mudah diselesaikan,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com