Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Deklarasikan Gibran Cawapres, Anies-Cak Imin: Alhamdulillah

Kompas.com - 22/10/2023, 21:41 WIB
Syakirun Ni'am,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Bakal calon presiden (Capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengaku bersyukur karena telah mengetahui siapa lawan-lawannya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pernyataan itu Anies sampaikan saat dimintai tanggapan terkait keputusan Prabowo Subianto mendeklarasikan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres).

Untuk diketahui, sebelum deklarasi Prabowo di Kertanegara, Jakarta, baru terdapat dua pasangan yang resmi terdaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni Anies-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca juga: Kaesang Berharap Gibran Masuk PSI: Kalau masuk ke PSI Ya Alhamdulillah, Kalau Enggak Yaudah

"Ya alhamdulillah sekarang kita tahu siapa saja yang akan berkontestasi," kata Anies saat ditemui awak media sebelum mengikuti puncak Hari Santri Nasional di Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (22/10/2023).

Anies kemudian mengucapkan selamat kepada Prabowo dan Gibran atas deklarasi mereka. Ia lantas mengajak semua bakal capres dan cawapres menjaga suasana Pilpres 2024 dalam keadaan sejuk dan teduh.

Ia juga mengajak para bakal capres dan cawapres lainnya beradu gagasan, rekam karya, rekam jejak, dan prestasi.

Baca juga: Gibran Diumumkan Jadi Bacawapres Prabowo, FX Rudy Fokus Menangkan Ganjar-Mahfud 1 Putaran

"Supaya masyarakat nanti bisa menilai dan memilih yang paling tepat," ujar Anies.

Sementara itu, bakal cawaprss Anies, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga mengajak semua pihak menghadapi Pilpres 2024 dengan gembira.

Namun demikian, Cak Imin enggan menjawab apakah pihaknya memiliki strategi baru dalam menghadapi Pilpres 2024, mengingat Gibran baru saja dideklarasikan.

"Ya strategi masa langsung harus diomongkan," tutur Cak Imin.

Sementara itu, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang menemani Anies dan Cak Imin dalam perayaan Hari Santri Nasional juga menyampaikan selamat kepada Prabowo dan Gibran.

Said berharap semua bakal capres dan cawapres bisa membawa kemajuan.

"Siapapun yang menang itulah yang diridhai Allah," tutur Said.

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan para elite parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendeklarasikan Girban Rakabuming Raka sebagai bakal cawapresnya.

Baca juga: Pengamat Sebut Gibran Punya Efek Elektoral yang Besar untuk Prabowo

Dalam deklarasi yang tidak dihadiri Gibran itu, Prabowo menyatakan pihaknya bakal mendaftarkan diri ke KPU pada Rabu (25/10/2023).

"Pada tanggal 25 hari Rabu kita akan daftar di KPU," ujar Prabowo dalam jumpa pers di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com