Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara "Malam 1000 Cahaya" untuk Menjaga Rasa Kebersamaan

Kompas.com - 18/05/2017, 21:12 WIB
David Oliver Purba

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nong Darol Mahmada, salah satu penggagas acara "Malam 1000 Cahaya" menjelaskan, kegiatan yang akan dilakukan di Makam Mbah Priok di Jakarta Utara pada Sabtu mendatang dalam rangka merayakan Hari Kebangkitan Nasional. Dalam kegiatan itu, kata Nong, pihaknya ingin menyampaikan agar rasa persatuan tetap dijaga.

Ia berharap agar isu SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) yang sempat menimpa Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama tidak terjadi lagi atau menimpa orang lain. Esensi dari acara itu, kata Nong, sama dengan yang diinginkan Yayasan Mbah Priok yaitu menjaga rasa kebersamaan.

Baca juga: Pihak Makam Mbah Priok Beri Syarat untuk Acara Malam 1000 Cahaya

"Ini sebenarnya ke situ sih (seperti saran Yayasan Mbah Priok), karena malamnya kan momentum kebangkitan. Benang merahnya ada, tapi mungkin tidak dikatakan terang benderang saja," kata Nong saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/5/2017).

"Kami paham lah posisi para santri. Saya setuju karena momentumnya lebih ke kebangkitan nasional, bersama-sama. Makanya lintas agama disatukan," ujar Nong.

Pernyataan Nong itu untuk menanggapi persyaratan yang disampaikan Yayasan Makam Mbah Priok terkait acara "Malam 1000 Cahaya".

Yayasan Mbah Priok meminta agar acara itu bukan sebagai simbol solidaritas terhadap Ahok, tapi dimaknai sebagai kegiatan kebersamaan.

Soal larangan untuk mengadakan kegiatan musik di Makam Mbah Priok, Nong menjelaskan bahwa kegiatan musik yang diadakan bukan seperti konser. Tidak ada alat musik sama sekali. Lagu-lagu yang dinyanyikan merupakan lagu-lagu nasional.

"Enggak ada alat musik sama sekali di acara malam karena memang fokusnya adalah acara shalawat dan doa," ujar Nong.

"Musik yang dimaksud adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Indonesia Pusaka, Tanah Air. Nah lagu-lagu itu nanti dipimpin nyanyinya oleh musisi yang hadir dan semua yang hadir ikut nyanyi," ujar Nong.

Rencananya Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan menghadiri kegiatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com