Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Mulai Distribusikan Logistik Pilkada Pekan Depan

Kompas.com - 16/11/2015, 16:56 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan, pelaksanaan pilkada serentak sudah masuk dalam proses produksi dan pengepakan logistik.

Menurut Husni, sejauh ini semua rencana yang telah disusun dapat diselenggarakan dengan baik untuk digelar pada 9 Desember mendatang.

"Satu minggu ke depan sudah mulai distribusi," kata Husni di Kantor KPU Pusat, Senin (16/11/2015).

Ditemui terpisah, Kepala Bagian Inventarisasi Sarana dan Prasarana Pemilu Biro Logistik KPU, Susila Hery Prabawa mengatakan, proses logistik pilkada di daerah rata-rata telah sampai tahap sortir surat suara.

Namun, ia menuturkan, ada pula beberapa daerah yang msih dalam proses cetak. Misalnya di Kudus yang proses pencetakannya dinilai lambat.

"Masih ada di Kalimantan, NTT, sama Depok sendiri malah belum selesai. Masih proses cetak. Juga wilayah-wilayah timur yang lelangnya belakangan," tutur Hery.

Hery menambahkan, proses distribusi logistik selambat-lambatnya dilakukan pada 20 November.

Namun, terkadang masih ada saja kendala di lapangan, misalnya gagal proses lelang.

Menurut Hery, meski melewati tanggal yang ditentukan, setidaknya logistik pilkada sudah tiba di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) H-1 pemilu.

"Biasanya kan satu minggu barang (logistik) itu sudah di PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Tapi ya mudah-mudahan bisa terkejar semua," kata Hery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com