Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPR Minta Malaysia Tertibkan Warganya soal Iklan "Pecat Pembantu Indonesia"

Kompas.com - 05/02/2015, 15:42 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Setya Novanto menyesalkan adanya tindakan yang mendiskreditkan masyarakat Indonesia yang dilakukan oleh perusahaan penyalur robot pembersih lantai di Malaysia. Menurut dia, pemerintah Malaysia seharusnya lebih tegas mengawasi masyarakatnya agar tidak melakukan tindakan yang justru dapat memengaruhi hubungan baik kedua negara.

"Kita mohon, pemerintah Malaysia lebih menertibkan masyarakatnya," kata Setya di Kompleks Gedung Parlemen, Kamis (5/2/2015).

Setya mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia dalam menyikapi persoalan ini. Menurut dia, persoalan ini harus segera diselesaikan sebelum menimbulkan polemik lebih dalam.

Secara terpisah, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, Malaysia dan Indonesia harus saling menjaga hubungan satu sama lain. Ia menyatakan telah menghubungi Menteri Ketenagakerjaan Malaysia Dato Sri Richard Riot untuk membantu menyelesaikan persoalan ini.

"Respons beliau positif akan membantu penyelesaian masalah tersebut melalui otoritas setempat yang terkait," kata Hanif dalam keterangan yang diterima media.

Politisi PKB itu merasa sangat terganggu akan keberadaan iklan tersebut. Meski demikian, ia mengatakan bahwa persoalan ini harus tetap diselesaikan dengan kepala dingin. Menurut Hanif, iklan tersebut merendahkan masyarakat Indonesia. (Baca Menteri Hanif Minta Menteri Malaysia Usut Iklan Robot yang Rendahkan Indonesia).

Iklan yang dipermasalahkan itu berupa iklan produk iRobot berbentuk standing banner di Malaysia yang memasang tagline "Fire Your Indonesian Maid Now!". Iklan itu menekankan pekerjaan rumah tangga yang dapat dilakukan oleh sebuah alat atau robot. Kata "Indonesian" diberi garis bawah sebagai penekanan dalam iklan itu. (Baca KBRI Malaysia Sesalkan Iklan "Pecat Pembantu Indonesia").

Dalam iklan tersebut, tampak seorang lelaki sedang duduk di atas sofa sembari memperhatikan iRobot yang dijual. Produk itu juga dikatakan dapat membersihkan lantai hingga kolam renang. Produk iRobot itu tampak berupa sebuah kotak berbentuk pipih yang dapat disetel secara otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com