Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Terakhir Tetap Diikuti Pasangan Capres-Cawapres

Kompas.com - 01/07/2014, 20:59 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum tetap pada keputusannya untuk menggelar debat terakhir kandidat pemilu presiden (pilpres) yang diikuti pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Komisioner KPU Sigit Pamungkas menyatakan, keputusan itu tidak menyalahi Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pilpres.

"Intinya, format KPU dua kali pasangan, dua kali capres, satu kali cawapres. Itu sesuai UU. Posisi KPU sebagai tindak lanjut (rekomendasi) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk debat kelima adalah debat yang berpasangan," ujar Komisioner KPU Sigit Pamungkas di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (1/7/2014) malam.

Dia mengatakan, dengan komposisi yang telah ditetapkan KPU itu, pada dasarnya komposisi telah sesuai dengan UU Pilpres. UU Pilpres pada bagian penjelasan menyatakan, komposisi debat kandidat terdiri dari tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. "Keputusan itu tetap mengakomodasi tiga kali capres dan dua kali cawapres untuk tampil," kata Sigit.

Sesuai dengan keputusan KPU, komposisi debat kandidat pilpres adalah dua kali pasangan capres-cawapres, dua kali capres dan satu kali cawapres. Menurut Sigit, setiap debat pasangan sama dengan setengah kali untuk capres dan setengah untuk cawapres.

"Jadi kalau jumlah debat pasangan dua kali, ya artinya capres sekali, cawapres sekali," katanya.

Sebelumnya, KPU mendapat rekomendasi dari Bawaslu terkait komposisi debat kandidat peserta Pilpres 2014. Bawaslu merekomendasikan agar debat terakhir hanya diikuti calon wakil presiden (cawapres), bukan pasangan calon presiden dan cawapres. Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, Selasa (1/7/2014), mengatakan, dalam rekomedasi tersebut, Bawaslu menyatakan bahwa KPU harus menaati Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pilpres. Pasal 39 UU Pilpres menyatakan, debat pasangan capres dan cawapres selama lima kali. Penjelasan tersebut menyatakan, debat terdiri dari tiga kali debat capres dan dua kali debat.

Debat capres-cawapres tersebut akan dilakukan pada Sabtu (5/7/2014). Debat akan disiarkan secara langsung oleh Kompas TV dan TVRI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com