Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapimnas Hanura Berikan Mandat kepada Wiranto Tentukan Koalisi

Kompas.com - 06/05/2014, 23:06 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto diberi mandat untuk menentukan gerbong koalisi Hanura. Mandat tersebut diputuskan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Partai Hanura yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (6/5/2014) malam.

"Rapimnas memberi mandat kepada Ketua Umum untuk memutuskan koalisi," kata Wiranto, seusai menghadiri Rapimnas Hanura, Selasa malam.

Menurut Wiranto, pada awal Rapimnas, ia memaparkan peta politik nasional terkini. Semua yang dipaparkannya merupakan hasil komunikasi yang dilakukan dengan hampir semua partai politik peserta Pemilu 2014. Setelah memberikan paparannya, semua perwakilan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura diberi waktu untuk menanggapi hal tersebut. Hasilnya, mayoritas perwakilan DPD sepakat memberikan mandat terkait langkah koalisi kepada Wiranto.

Menurut Wiranto, keputusan Rapimnas ini merupakan keputusan yang paling bijak. Pasalnya, dinamika politik saat ini sangat dinamis dan baru akan terlihat jelas setelah waktu pendaftaran bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden dibuka secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum.

Ia menolak berspekulasi bahwa Hanura akan condong berkoalisi dengan PDI Perjuangan atau Partai Gerindra. Bagi dia, semua kemungkinan terbuka dan Hanura akan memilih rekan koalisi yang memiliki kesamaan platform.

"Kita belum bisa meramal berapa kubu yang akan muncul dalam pilpres. Kita enggak mau prematur meramalkan, dan semua akan sangat tergantung dinamika di lapangan," ujarnya.

Dengan keluarnya mandat tersebut, Rapimnas I Partai Hanura dinyatakan selesai. Rapimnas berlangsung sekitar tujuh jam. Seluruh pimpinan Hanura hadir, termasuk pimpinan atau perwakilan DPD, dan organisasi sayap Hanura. Rapimnas ini digelar khusus untuk memetakan koalisi Hanura. Hanura berambisi tak mau lagi menjadi oposisi karena ingin masuk dalam koalisi pemerintahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com