Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS Undur Penetapan Bakal Capresnya

Kompas.com - 16/12/2013, 13:18 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengumuman hasil pemilihan raya bakal calon Presiden dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sebelumnya dijadwalkan pada akhir Desember, ditunda. PKS menjadwalkan kembali pengumuman bakal capresnya pada bulan Januari 2014.

"Rencananya, bulan Desember tapi akhirnya diundur menjadi Januari karena masalah teknis," ujar Wakil Sekretaris Jenderal PKS Mahfudz Siddiq, di Kompleks Parlemen, Senin (16/12/2013).

Mahfudz mengungkapkan, pada bulan Januari mendatang, partainya akan mengumumkan tiga besar bakal capres hasil pemira PKS. Ketiga nama yang kini mengerucut, adalah Presiden PKS Anie Matta, Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

"Komposisinya cukup bagus yakni mewakili wilayah Jawa, Jawa Barat, dan mewakili luar Jawa," ujar Mahfudz.

Ia menjelaskan, Majelis Syuro nantinya akan menetapkan tiga besar bakal capres PKS. Ketiga bakal capres itu akan melakukan roadshow dan menjalin komunikasi publik ke banyak tempat untuk memperoleh dukungan masyarakat. Belum diketahui pasti berapa lama tiga bakal capres PKS ini melakukan roadshow. Mahfudz juga mengatakan, penetapan bakal capres PKS akan ditentukan oleh perolehan suara pemilihan legislatif.

"Jadi masih menunggu faktor penentu lain beberapa perolehan suara PKS," imbuhnya.

Seperti diberitakan, PKS memutuskan menggelar pemira untuk menentukan bakal capres yang diusungnya. Pemungutan suara sudah dilakukan pada bulan November lalu. Dari hasil pemira ini, akan ada tiga bakal capres yang diusung PKS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com