Kamis, 2 Oktober 2014

News / Nasional

Saksi: DM Istri Luthfi

Rabu, 22 Mei 2013 | 15:58 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Teka-teki hubungan antara mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq dan siswi SMK DM mulai terkuak. Suyitno, seorang petugas keamanan di tempat tinggal DM, di Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, mengaku, ibunda DM memperkenalkan Luthfi kepadanya sebagai suami DM. Luthfi dan DM juga diketahui tinggal sekamar di rumah itu.

Kepada Kompas.com, Rabu (22/5/2013), Suyitno menceritakan, istrinya bekerja di rumah itu sebagai pembantu rumah tangga. Suatu hari, sekitar bulan November 2012, ia pernah dipanggil istrinya untuk memijat seseorang yang ia kenal wajahnya sama dengan Luthfi di rumah itu. Saat itu, ibunda DM, yang akrab disapa Umi dan ayah DM, Ziad, memperkenalkan orang itu sebagai suami DM. Suyitno tidak tahu kalau pria yang dipijatnya itu adalah Presiden PKS. Ia juga tak ambil pusing dan menyelesaikan tugasnya memijat.

"Saya enggak mau nanya macam-macam saja. Enggak enak hati mau nanya-nanya," lanjutnya.

Sesaat sebelum pijat, tutur Suyitno, Luthfi memanggil DM dengan sebutan "Mah". "Saya dengar, si Luthfi manggil, 'Mah ada minyak kayu putih enggak buat papah pijat'. Enggak lama si DM datang, 'ini Pah minyaknya', gitu," ujarnya.

Menurut Suyitno, berdasarkan keterangan istrinya, saat itu Luthfi sudah menginap satu malam di rumah itu. "Dia (Luthfi) rupanya sudah satu malam di situ, tinggalnya sekamar dengan DM di kamar lantai bawah. Istri saya juga ngomong itu," ujar Suyitno.

Di dalam rumah dengan luas sekitar 300 meter persegi dan berlantai dua tersebut, terdapat enam kamar. Tiga kamar di lantai bawah dan tiga lantai lagi di lantai atas. Namun, hanya kamar di lantai bawah yang digunakan untuk tidur. Satu kamar digunakan untuk memelihara kucing, satu kamar untuk orangtua DM, dan satu kamar lainnya digunakan untuk DM serta Luthfi.

Suyitno menduga Luthfi dengan DM memiliki hubungan khusus selayaknya orang yang tengah dimadu asmara. Berdasarkan pengamatannya saat ia memijat Luthfi, DM dan Luthfi pun kerap saling memanggil dengan "Pah dan Mah."

Membantah

Sebelumnya, ibunda DM, yang ditemui wartawan, Selasa (21/5/2013) sore, membantah jika DM dan Luthfi memiliki hubungan khusus. Ia menampik aneka pemberitaan di media. "Kalau di berita memang begitu (memiliki hubungan khusus). Jadi, ya jangan gampang percaya," katanya.

Tidak hanya membantah soal kedekatan khusus DM dengan Luthfi, ia juga membantah jika Luthfi kerap menginap di rumahnya. "Enggak, siapa yang bilang begitu," ujar Umi.

Kini, DM sekeluarga meninggalkan rumah kontrakan itu sekitar dua bulan lalu bersamaan dengan mencuatnya kasus suap penambahan kuota impor daging sapi. Tak ada tetangga yang tahu di mana keluarga DM tinggal sekarang. Meski demikian, sesekali Umi sempat datang ke rumah itu untuk memberi makan belasan kucing peliharaannya.

DM adalah seorang pelajar SMK di Jakarta Timur yang pernah dipanggil KPK sebagai saksi kasus dugaan pencucian uang Luthfi. Ia diduga punya hubungan dengan Luthfi. Dari catatan Kompas.com, DM pertama kali dipanggil KPK, 12 April 2013. Saat itu, ia dipanggil sebagai saksi bersama dengan dua istri Luthfi, Sutiana Astika dan Lusi Tiarani Agustine, karena dianggap tahu aliran aset Luthfi. Karena tak hadir, KPK menjadwal kembali pemanggilan DM pada 17 Mei 2013. Namun, DM kembali tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK.

KPK belum memberi informasi resmi mengenai hubungan DM dan Luthfi. Saat dikonfirmasi, Juru Bicara KPK Johan Budi hanya mengatakan, status DM di surat panggilannya adalah seorang pelajar SMK. Johan juga mengaku belum mendapat informasi apakah ada aset Luthfi yang diatasnamakan DM atau aliran dana Luthfi kepada pelajar SMK itu.


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Heru Margianto