Presiden SBY Terima Presiden Liberia - Kompas.com

Presiden SBY Terima Presiden Liberia

Sandro Gatra
Kompas.com - 25/03/2013, 11:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kenegaraan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf di Istana Merdeka, Jakarta, Senin ( 25/3/2013 ). Keduanya melakukan pertemuan bilateral.

Presiden Liberia datang membawa jajaran pemerintahnya. Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II juga ikut mendampingi Presiden SBY.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, mengatakan, fokus utama pembahasan pertemuan bilateral tersebut untuk mengevaluasi berbagai kesepakatan sewaktu kunjungan kenegaraan Presiden Yudhoyono ke Monrovia, Liberia, pada Januari 2013. Ketika itu, kedua kepala negara bersepakat meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, serta kerja sama teknis melalui pelatihan peningkatan kapasitas.

Setelah pertemuan bilateral, kata Faizasyah, kedua kepala negara akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) mengenai promosi perdagangan dan peningkatan kapasitas industri. Penandatangan akan dilakukan oleh menteri kedua negara.

"Peningkatan interaksi antara Indonesia dengan negara-negara Afrika merupakan langkah strategis untuk mengkapitalisasi kedekatan historis Indonesia dengan Afrika yang telah terbangun dengan sangat baik selama ini," kata Faizasyah.

Faizasyah menambahkan, setelah penandatangan MoU, acara akan dilanjutkan jamuan santap siang Kenegaraan. Setelah itu, Presiden Liberia akan bertolak ke Bali untuk menghadiri High Level Panel on Post- 2015 Development Agenda.

Presiden SBY juga akan menghadiri acara yang sama. Rencananya, Presiden SBY akan bertolak ke Bali dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 14.30 WIB.

PenulisSandro Gatra
EditorKistyarini
Komentar