Selasa, 29 Juli 2014

News / Bisnis & Keuangan

Lebih Baik Zakat Langsung atau Lewat Lembaga Amil Zakat?

Kamis, 16 Agustus 2012 | 19:55 WIB

Berita terkait

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Saya berencara membayar zakat penghasilan dan harta benda, tetapi bingung antara menyalurkan lewat Badan Zakat terpercaya atau langsung saya bagikan ke fakir miskin di sekitar tempat tinggal saya (tempat kelahiran saya tepatnya). Tahun lalu saya menyalurkan zakat melalui badan zakat, akan tetapi untuk tahun ini guru mengaji saya sewaktu kecil menyarankan agar membagikan langsung kepada fakir miskin di tetangga saya. Yang masih menjadi keraguan saya adalah, saya takut menjadi riya dikarenakan masyarakat di sekitar tempat kelahiran saya sering kali memperbincangkan sesuatu walaupun itu hal yang baik. Hati kecil saya sebetulnya menginginkan beramal secara sembunyi-sembunyi.

Papa Elza di Yogyakarta

Jawaban:

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Alhamdulillah Bapak Papa Elza telah melakukan pembayaran zakat tahun lalu melalui lembaga amil zakat. Insya Allah cara tersebut sudah baik mengingat penyebarannya akan lebih terorganisir. Namun memang menyerahkan zakat secara langsung kepada para mustahik yang tinggal di sekitar rumah bapak merupakan hal yang dianjurkan sebab umat muslim yang berkecukupan diwajibkan terlebih dahul membantu orang-orang yang berada di dekarnya.

Namun jika, Bapak merasa tidak enak memberikannya secara langsung, apalagi takut dianggap riya, maka bapak dapat kembali menyalurkannya melalui Lembaga Amil Zakat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Anda dapat berkonsultasi seputar Ramadhan kepada DR H Setiawan Budi Utomo di sini. Anda juga dapat membaca pertanyaan dan jawaban yang telah ditayangkan di liputan khusus Ramadhan 2012.


Editor : Tri Wahono