Kamis, 23 Oktober 2014

News / Nasional

Emma Norma Soedharmono Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Rabu, 18 Juli 2012 | 23:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Emma Norma Soedharmono, istri Soedharmono, Wakil Presiden ke-5 RI, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2012) siang.

Menurut informasi dari pihak keluarga, almarhumah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (19/7/2012).

"Insya Allah dimakamkan di Kalibata, besok, insya Allah pukul 10.00 WIB," kata Tantyo AP Sudharmono (55), putra ke-3 almarhumah, di rumah duka, Jalan Senopati 44B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Almarhumah akan dimakamkan berdampingan dengan makam suaminya, Almarhum Letjen (Purn) Soedharmono, yang dimakamkan di lokasi yang sama pada 26 Januari 2006.

Menurut Tantyo, almarhumah sudah lama menderita komplikasi penyakit usia tua. Beberapa organ tubuh utamanya telah mengalami gangguan, terutama infeksi paru-paru. Istri mantan Ketua Umum Golkar ini terpaksa menjalani perawatan medis sejak Februari 2012.

"Beliau berangkat ke RSPP itu tanggal 18 Februari yang lalu. Lebih kurang tiga-empat minggu sempat ke Singapura," kata Tantyo, yang juga putra bungsu mantan Mensesneg tersebut.

Almarhumah mengembuskan nafas terakhir sekitar pukul 14.30 WIB siang tadi, meninggalkan tiga anak dan 12 cucu. "Alhamdulillah, jadi Ibu bukan hanya bagi putra-putrinya saja, tapi banyak orang karena karyawan-karyawan di Setneg sangat merasakan jiwa keibuan Ibu," pungkas Tantyo.


Penulis: Imanuel More
Editor : Tri Wahono