Selasa, 21 Oktober 2014

News / Nasional

Pemerintah SBY Diminta Tegas Terhadap Kekuatan Antipancasila

Minggu, 24 Juni 2012 | 19:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam memperingati 'Bulan Bung Karno', Ketua DPP PDI Perjuangan Maruarar Sirait, meminta pemerintah tegas mengawal Pancasila. Hal itu disampaikan kepada wartawan saat acara 'Malam Orasi Kebudayaan dan Pentas' yang bertemakan "Membumikan Pancasila Merajut Nusantara", Sabtu (23/6/2012) malam.

"Pemerintahan SBY - Boediono harus berani dan tegas kepada kekuatan-kekuatan yang antipancasila dan yang anti terhadap pluralisme," kata Sirait.

Ia meneruskan, peran pemuda saat ini penting dalam mengamalkan ajaran Bung Karno dan terus mengawal Pancasila. Ia mengatakan, Bung Karno mampu mengkonsolidasi, menyatukan lintas agama, lintas suku, dan lintas internasional.

"Karena 'kan harus jelas, Pancasila itu yang setujui rakyat Indonesia. Yang setuju kemerdekaan ini rakyat Indonesia. Dan ini yang harus kita kawal. Saya yakin, semakin banyak yang mengawal, semakin banyak anak muda yang menyakini Pancasila sebagai ideologi, dasar dan filosofis bangsa Indonesia," ujar Sirait.

Pada akhirnya, walaupun PDIP sebagai partai oposisi, Ia mengharapkan, agar Pemerintah yang ada terus memperjuangkan ke-Bhinekaan. "Kami mendoakan pemerintah SBY untuk berani memperjuangkan ke-Bhinekaan ini. Itu pesan yang mau kami sampaikan," kata Sirait yang juga Anggota Komisi XI DPR RI.


Penulis: Robertus Belarminus
Editor : Pepih Nugraha