Senin, 21 April 2014

News / Edukasi

Hanya 1 Siswa SMP di Jakarta yang Tak Lulus UN

Sabtu, 2 Juni 2012 | 17:42 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua siswa SMP di DKI Jakarta lulus ujian nasional tahun ini. Dari total 132.328 siswa SMP yang mengikuti UN, hanya satu siswa yang tidak lulus.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, pelajar yang tak lulus itu adalah siswa SMP Terbuka di Penjaringan, Jakarta Utara. Ia memastikan bahwa penyebab ketidaklulusan siswa tersebut karena yang bersangkutan tak mengikuti UN pada hari terakhir. Ia mengimbau agar siswa tersebut tak berkecil hati. Untuk mendapatkan ijazah setara SMP, siswa itu bisa mengikuti ujian paket B.

"Ini boleh dibilang sebagai kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-485 DKI Jakarta. Kami berharap UN SMP tahun depan, angka kelulusannya bisa mencapai seratus persen," katanya, Sabtu (2/6/2012).

Dengan hasil ini, angka kelulusan siswa SMP di Jakarta tahun ini meningkat 0,01 persen dari tahun 2011. Tahun lalu terdapat tujuh siswa dinyatakan tak lulus UN SMP.

Selain naiknya angka kelulusan, nilai rata-rata untuk semua mata pelajaran juga mengalami kenaikan. Rata-rata nilai semua mata pelajaran siswa tahun ini adalah 7,57. Tahun lalu nilai rata-rata siswa di Jakarta mencapai 6,88. Tahun ini nilai rata-rata pada pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 7,99, Bahasa Inggris 7,21, Matematika 7,49 dan IPA 7,59.

 


Editor : Laksono Hari W
Sumber: