Selasa, 2 September 2014

News / Nasional

Proyek Hambalang Ambles di Tiga Titik

Senin, 28 Mei 2012 | 20:03 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Tanah di proyek pembangunan kompleks olahraga terpadu Hambalang, Bogor, Jawa Barat, ambles di tiga titik. Kementerian Pemuda dan Olahraga telah memerintahkan konsultan perencana dan konsultan manajemen proyek untuk menyelidiki penyebab amblesnya tanah di tiga titik tersebut.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Yuli Mumpuni mengatakan, tiga titik amblesnya tanah di proyek Hambalang adalah fondasi bangunan lapangan badminton, bangunan gardu listrik, dan jalan nomor 13. Letak ketiga titik ini, menurut Yuli, berdekatan. Khusus untuk jalan nomor 13, kata Yuli, lokasi amblesnya berada di pinggiran jalan.

"Jadi, bukan retakan di tengah jalan, melainkan ada bagian samping jalan yang miring," kata Yuli di Jakarta, Senin (28/5/2012).

Sementara untuk fondasi lapangan badminton, bangunannya belum berdiri. "Itu hanya fondasi yang awalnya digunakan untuk membangun lapangan badminton," ujarnya.

Satu-satunya bangunan yang ambles, menurut Yuli, adalah gardu listrik (power house). "Karena memang gardu listrik, ya sudah ada bangunan di atasnya," tuturnya.

Kemenpora telah menghentikan sementara pengerjaan proyek di ketiga titik yang tanahnya ambles ini. Penghentian sementara proyek di ketiga titik telah dilakukan sejak 14 Desember 2011, sehari setelah diketahui bahwa tanah di ketiga titik proyek tersebut ambles.


Penulis: Khaerudin
Editor : Nasru Alam Aziz