Minggu, 26 Oktober 2014

News / Nasional

Obituari

Pendiri PMII Meninggal Dunia

Kamis, 24 Mei 2012 | 22:20 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com -- Keluarga besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) berduka cita dengan berpulangnya Hilman Badruddinsyah karena penyakit kanker. Mendiang mendirikan PMII bersama 13 orang, dan kini tinggal dua orang lagi yang masih hidup.

Kabar berpulangnya Hilman disampaikan Sekretaris Jenderal PB PMII, Zaini Sofari, Kamis (25/4/2012). Hilman meninggal dunia di RS Advent Bandung, Jawa Barat, setelah menjalani perawatan selama tiga bulan di sana. Dia meninggalkan lima orang anak dalam usia 73 tahun.

"Ini adalah kehilangan besar bagi kami karena sosoknya menjadi inspirasi bagi generasi muda," kata Zaini.

Hilman adalah perwakilan mahasiswa dari Bandung yang ikut mendeklarasikan kehadiran PMII di Surabaya, Jawa Timur, 17 April 1960. Saat itu, PMII dianggap sebagai salah satu wadah bagi perjuangan mahasiswa nahdliyin, meski saat itu tidak direstui oleh Nadhlatul Ulama sendiri maupun pihak lainnya. Dia hanya aktif sampai tahun 1964 dan kemudian aktif dalam bidang media sebagai pemegang saham media dari Jawa Barat, Pikiran Rakyat.

Ucapan duka cita diungkapkan Ketua Umum Pengurus Koordinator Cabang PMII Jabar, Edi Rusyandi. Dia melihat sosok Hilman sebagai orangtua sekaligus senior yang menjadi tempat untuk meminta pendapat mengenai arah pergerakan organisasi.


Penulis: Didit Putra Erlangga Rahardjo
Editor : Nasru Alam Aziz