Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reformasi Masih Jauh dari Harapan

Kompas.com - 21/05/2012, 17:39 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Puluhan mahasiswa di Ambon, Maluku, yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Islam memperingati 14 tahun masa reformasi dengan berunjuk rasa, Senin (21/5/2012). Mereka kecewa karena proses reformasi masih jauh dari harapan.

Unjuk rasa dilakukan mahasiswa dari dua kelompok tersebut bersama-sama di Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku, kemudian dilanjutkan di Kantor Gubernur Maluku, Ambon.

Mereka berniat menurunkan bendera Merah Putih di halaman Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku sebagai bagian dari kekecewaan mereka karena reformasi tidak berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Namun, upaya itu digagalkan puluhan polisi yang berjaga.

Menurut koordinator lapangan dari Himpunan Mahasiswa Islam, Mohammad Hanubun, tidak berjalannya reformasi sesuai dengan harapan itu antara lain terlihat dari kian maraknya praktik korupsi. Dengan begitu, reformasi yang terjadi tidak bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Koordinator lapangan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, Nelson Ladutubun, mengatakan, masih banyaknya rakyat Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan merupakan indikasi lain reformasi masih jauh dari harapan yang dicita-citakan saat Presiden Soeharto lengser dari jabatannya pada 21 Mei 1998.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com