Selasa, 21 Oktober 2014

News / Nasional

Endang Rahayu Dimakamkan di Lokasi Khusus

Kamis, 3 Mei 2012 | 10:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jenazah mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih dimakamkan di lokasi khusus "Heroes Plaza" di kompleks pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. Lokasi itu berada di puncak salah satu bukit di kawasan pemakaman seluas 500 hektare itu.
    
Menurut informasi dari pihak pengelola, Kamis (3/5/2012), lokasi khusus itu disediakan oleh San Diego Hills bagi mereka yang memiliki jasa besar. Kawasan itu khusus untuk para tokoh bukan militer yang memiliki peran penting bagi negara.
    
Beberapa tokoh dimakamkan di lokasi itu, termasuk mantan pemain sepak bola Ronny Pattinasarani. Pihak pengelola tidak memungut biaya pembelian kavling maupun biaya perawatan kepada pihak yang anggota keluarganya dimakamkan di lokasi itu.
    
Menurut informasi di laman San Diego Hills, biaya pembelian satu kavling di lokasi lain di dalam komplek pemakaman itu mencapai Rp 20 juta.
    
Berdasar pengamatan, sebuah tenda besar dan beberapa tenda berukuran lebih kecil sudah disiapkan di tempat pemakaman jenazah Endang Rahayu Sedyaningsi€h. Ratusan kursi juga tertata rapi di lokasi itu.
    
Sejumlah prajurit TNI telah bersiaga. Mereka menggelar latihan upacara pemakaman sejak pagi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan memimpin upacara pemakaman mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih.
    
Informasi dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu, menyebutkan upacara pemakaman dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB.
    
Sebelum dimakamkan, jenazah Endang Rahayu Sedyaningsih disemayamkan di gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta.
    
Endang Rahayu Sedyaningsih meninggal pada Selasa (2/5/2012), pukul 11.41 WIB. Dia dideteksi mengidap kanker paru sejak Oktober 2010 atau setahun setelah diangkat menjadi Menteri Kesehatan periode 2009-2014.
    
Setelah dideteksi menderita kanker paru-paru, Endang Rahayu telah menjalani perawatan baik di dalam maupun di luar negeri. Pengobatan yang selama ini telah dijalani antara lain radiasi lokal dan bedah beku, tujuannya untuk mengobati kanker secara lokal serta meningkatkan daya tahan tubuh.
    
Endang telah mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai menteri. Presiden Yudhoyono menandatangani keputusan pemberhentian dengan hormat pada 30 April 2012, atau dua hari sebelum Endang Rahayu mengembuskan nafas terakhir. (T.F008)

 


Editor : Heru Margianto
Sumber: