Rabu, 1 Oktober 2014

News / Nasional

Presiden: Ibu Negara Bisa Bekerja Kembali

Sabtu, 17 Maret 2012 | 19:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, proses pemulihan Ibu Negara Ani Yudhoyono, yang telah menjalani operasi menjalani operasi pengangkatan kandung empedu beserta batunya, berjalan baik.

Dalam waktu tidak terlalu lama, Ibu Ani segera aktif kembali mendampingi Presiden. "(Ibu Negara dapat) mendampingi saya dalam mengemban tugas. Terima kasih atas semua doanya," kata Presiden di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (17/3/2012).

Sementara itu, Ketua Tim Dokter Kepresidenan Brigjen TNI Aris Wibudi mengatakan, kondisi Ibu Negara, yang dirawat di RSPAD sejak Kamis (15/3/2012), semakin membaik. Pada Minggu (18/3/2012), Ibu Negara diperkirakan dapat kembali ke kediaman di Puri Cikeas Indah, Bogor.

"(Ibu Negara) tidak perlu lagi perawatan di rumah sakit. Sudah bisa rawat jalan," kata dokter Aris.

Dokter Aris mengatakan, Ibu Negara dapat beraktivitas seperti biasa. Ketika ditanya apakah Ibu Negara masih mengkonsumsi obat tertentu, dokter Aris mengatakan, "Sudahlah, tidak perlu dijawab. Yang jelas, perbaikan sudah semakin nyata."

Jumat (16/3/2012) kemarin, tim dokter melakukan operasi pengangkatan kandung empedu beserta batunya dengan menggunakan metode kolesistektomi laparoskopik. Dokter membuat membuat tiga lubang berdiameter sekitar 0,5 sentimeter-1 sentimeter. Lubang digunakan untuk melihat ke dalam menggunakan teleskop dan untuk mengambil kandung empedu.


Penulis: Hindra Liu
Editor : Kistyarini