Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran BBM Melebihi Kuota

Kompas.com - 07/03/2012, 18:29 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Penyaluran bahan bakar minyak di Provinsi Bengkulu selama ini sudah melebihi kuota yang ditetapkan. Hal ini perlu ditangani agar beban subsidi pemerintah tidak terus membesar.

Wira Penjualan Pertamina Depo Bengkulu Misbah Bukhori, Rabu (7/3/2012), mengatakan, secara umum kuota bahan bakar minyak jenis Premium Provinsi Bengkulu per hari sebanyak 564 kiloliter.

Namun, pada 1-5 Maret 2012 saja rata-rata realisasi penyaluran Premium tercatat sebanyak 576 kiloliter sehari. Demikian juga dengan solar. Kuota solar Provinsi Bengkulu sebesar 216 kiloliter sehari sementara realisasinya ternyata sudah mencapai 237 kiloliter sehari.

”Kami pernah mencoba untuk menyalurkan bahan bakar sesuai kuota. Akan tetapi, baru siang hari antrean kendaraan di SPBU sudah panjang,” ujar Misbah.

Kendati penyaluran BBM sudah melebihi kuota, antrean kendaraan di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) seolah menjadi hal yang lumrah terjadi di Bengkulu.

Menurut Misbah, besar kemungkinan BBM di SPBU cepat habis karena dibeli oleh masyarakat untuk dijual kembali secara eceran di pinggir jalan dengan harga yang lebih mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com