Lagi, SBY Dorong Kasus GKI Yasmin Dituntaskan - Kompas.com

Lagi, SBY Dorong Kasus GKI Yasmin Dituntaskan

Hindra Liu
Kompas.com - 15/02/2012, 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali mendorong sengketa pembangunan Gereja Kristen Indonesia Taman Yasmin segera dituntaskan. Dorongan ini disampaikan Presiden di hadapan 128 duta besar asing dan perwakilan organisasi dunia di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (15/2/2012).

"Saya sudah mendorong wali kota, gubernur, masyarakat lokal, untuk menemukan masalah. Saya pribadi, dan juga pemerintah, ingin jemaat GKI Yasmin bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang dan damai di Bogor," kata Presiden.

Pemerintah terus berupaya agar kasus sengketa pembangunan GKI Yasmin dituntaskan, baik melalui pendekatan hukum maupun nonhukum. "Pengalaman kami dari masalah Ambon, Poso, pendekatan hukum semata tidak efektif mengatasi benturan. Dengan pendekatan tambahan justru lebih cepat dan permanen menyelesaikan konflik horizontal," kata Presiden.

Kepala Negara mengatakan, pemerintah tetap fokus menjaga kerukunan antarumat beragama. Tak ada diskriminasi dan pembiaran terkait tindak kekerasan yang dilakukan terhadap kelompok umat beragama tertentu.

Kendati demikian, Presiden mengakui, dalam kasus tertentu, aparat keamanan terkesan terlambat dan kurang antisipatif. Aparat keamanan juga tidak tuntas dan terkesan kurang profesional dalam memberikan penjelasan terkait kasus tertentu kepada publik.

"Dengan demikian, ini menyisakan image negatif. Tapi percayalah, hal itu semata-mata menyangkut profesionalitas dan kapabilitas. Tentu berbeda antara unable (tidak mampu) dan unwilling (tidak ingin)," kata Presiden.

Sebelumnya, Presiden, ketika menggelar dialog dengan jurnalis di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/2/2012), juga menyatakan harapannya agar sengketa ini bisa segera dituntaskan.

PenulisHindra Liu
EditorHeru Margianto

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM