Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Kepala Desa Minta Dukungan Bupati

Kompas.com - 11/11/2011, 14:51 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Sekitar 300 kepala desa yang ada di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (11/11/2011) mendatangi Bupati Sukoharjo untuk meminta dukungan untuk mendorong presiden segera mengeluarkan surat agar DPR RI dapat segera membahas RUU Desa. Para kepala desa tersebut mengancam untuk melakukan boikot tidak melayani proses pembuatan KTP elektronik.

Hadir dalam aksi tersebut anggota Komisi II DPR RI, Budiman Sujatmiko. Dia mengantar para perangkat desa tersebut untuk meminta dukungan kepada Bupati dan Ketua DPRD.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, menyatakan, pihaknya mendukung penuh upaya perangkat desa dalam mendorong segera dibahas dan disahkannya UU Desa.

Dalam kesempatan itu, Wardoyo pun segera menandatangani surat yang ditujukan kepada presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, yang isinya meminta presiden untuk segera membuat surat agar DPR segera membahas RUU Desa. Ketua DPD Persatuan Rakyat Desa

Budiman menambahkan, jika hingga pekan depan tidak ada juga surat presiden yang diterima oleh DPR, dia akan menggalang anggota DPR untuk menjadikan RUU Desa sebagai inisiatif DPR. Targetnya, tahun ini juga RUU tersebut dapat disahkan.

(Parade) Nusantara Sukoharjo, Agus Tri Raharjo, mengatakan, hari ini adalah batas waktu yg diberikan oleh para perangkat desa kepada presiden untuk mengeluarkan surat. Karena itu, per siang ini para kepala desa tersebut memboikot dengan tidak melayani proses pembuatan KTP elektronik, dimana warga meminta surat pengantar untuk ke kecamatan.

RUU Desa seharusnya masuk dalam program legislasi nasional pada tahun 2009. Namun pembahasannya terus mundur hingga 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com