Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Jalan, Pak Moerdiono

Kompas.com - 08/10/2011, 05:28 WIB

Jakarta, Kompas - Jenazah mantan Menteri Sekretaris Negara Moerdiono, Sabtu (8/10) ini, akan dimakamkan dengan upacara militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Demikian diungkapkan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi kepada Kompas, Jumat malam.

Moerdiono, Menteri Sekretaris Negara tiga periode, tahun 1983-1998, meninggal dunia di Rumah Sakit Gleneagles, Singapura, Jumat sekitar pukul 19.40. Jenazahnya kemudian disemayamkan di gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura.

Menurut Menteri Sekretaris Negara, berdasarkan hasil kesepakatan dengan keluarga almarhum, jenazah akan diterbangkan dari Singapura, Sabtu ini, ke Bandar Udara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta. Dari Cengkareng, jenazah dibawa ke Ta- man Makam Pahlawan Kalibata.

Menurut Ninuk Mardiana Estilistiati Pambudy, putri sulung almarhum, semalam, jenazah akan diberangkatkan dari Singapura dengan pesawat Garuda Indonesia pukul 12.25. Diperkirakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 13.00 dan langsung dibawa ke Kalibata.

Akrab dengan wartawan

”Tolong mintakan maaf dan doa juga kepada para wartawan yang pernah bertugas di Sekretariat Negara semasa Papa menjabat ya,” ujar Ninuk ketika mengabarkan ayahandanya meninggal kemarin.

”Tolong belikan gorengan tahu, tempe, singkong, ubi, bakwan, dan lain-lainnya untuk kita ngobrol di ruang pertemuan,” begitu ucapan Moerdiono yang khas kepada para stafnya di kantor Sekretariat Negara apabila hendak mengadakan pertemuan santai dengan para wartawan.

Ketika menjabat Mensesneg, Moerdiono mengadakan pertemuan informal dengan para wartawan, dua atau tiga kali dalam satu bulan.

Dalam pertemuan itu ada canda, amarah, tawa, dialog, dan saling memaafkan. Dalam waktu-waktu tertentu, ketika tidak ada acara resmi di Istana atau kegiatan presiden di tempat lain, Moerdiono mengajak para wartawan berkumpul santai sambil melantunkan lagu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com